Pencegahan Bencana Harus Skala Prioritas

oleh -
HANCUR: Sebuah bangunan hancur usai diterpa Musibah Tsunami Selat Sunda yang menerjang Banten dan Lampung.

BANDUNG – Anggota DPR RI, Dede Yusuf Macan Effendi berharap agar pencegahan bencana alam dapat masuk kepada salah satu skala prioritas program pemerintah.

Dede mengatakan, Jawa Barat misalnya sejauh ini menjadi satu dari sekian banyak daerah yang cukup rentan dilanda bencana harus diperhatikan pemerintah setempat.

“Menyikapi tentang banyaknya kejadian bencana alam perlu masuk skala prioritas bicaranya tentu di Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah,” ungkapnya, Selasa (25/12).

Masuknya pencegahan hingga penanganan bencana di RPJMD, kata Dede, menjadi cara pemerintah mencari solusi serta agar pemanfaatan anggarannya bisa tepat guna.

“Jangan jauh-jauh penanganan bencana banjir di Bandung selatan perlu kesepakatan bersama antar beberapa kabupaten/kota yang dilewati aliran Citarum,” tuturnya.

Dede yang juga Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Jawa Barat itu juga kini memiliki program bersama Gubernur Jabar dalam menangani bencana di tanah pasundan.

“Program itu bertajuk Karya Bakti Citarum Harum. Selain dengan Pemprov, kami dari Pramuka juga akan melibatkan sembilan kabupaten kota dan masyarakat,” terangnya.

Dede ingin Citarum yang menjadi sungai terpanjang di Jabar ini jadi sebagai arena edukasi arena bermain dan arena mendapatkan penghidupan.

“Insyallah tahun 2019 mendatang (program Karya Bakti Citarum Harum) akan kita launching (luncurkan). Kami memiliki tagline Save Water Save Future,” tandas Dede.(gan)