‘Bye-Bye Plastic Bags’ Hilangkan Penggunaan Plastik

oleh -
Melati Wijsen, wanita asal Belanda yang menetap di Bali berhasil meraih sejumlah penghargaan bergengsi berkat kampanye 'Bye-Bye Plastic Bags' yang sekarang sudah mendunia. (NUR FIDHIAH SHABRINA/RADAR BANDUNG)

RADARBANDUNG.ID, KEPEDULIANNYA terhadap lingkungan, membuat kaka beradik asal negara Belanda menggelorakan kampanye ‘Bye-Bye Plastic Bag (BBPG)’ agar kebiasaan menggunakan plastik bisa hilang.

Melati dan Isabel Wijsen, wanita cantik yang kini menetap di Bali bersikukuh mengubah daerahnya supaya bersih dari sampah plastik yang memprihatinkan.

Saat itu usia keduanya baru 12 dan 10 tahun, meski masih kecil tetapi tekadnya untuk membersihkan Indonesia dari sampah plastik patut diacungi jempol.

Sejak April 2013, keduanya mulai mengkampanyekan stop penggunaan plastik di Pulau Dewata, Bali. Gerakan BBPG awalnya tidak diminati masyarakat, Melati dan Isabel berjuang dari bawah dengan memungut sampah plastik yang biasa mereka temui di pinggiran pantai, sawah, jalanan, dan beberapa tempat di tempat tinggalnya.

Tak sedikit ada orang yang mencemooh aktivitasnya karena penggunaan plastik disana sangat bergantung pada masyarakat yang notabene berwirausaha sehingga menjadi satu barang yang harus digunakan untuk mempermudah membeli produknya.

Melati dan Isabel terinspirasi setelah menerima pelajaran dari tokoh dunia seperti Nelson Mandela, Lady Diana, Mahatma Gandhi, dan Ibu Kartini.

Tentang Penulis: FES

Gambar Gravatar
Professional player, the news media team at Digital Radar Bandung, Jawa Pos group. ▪ Also part of the Team in Pojoksatu Bandung from Radar Bogor.