‘Bye-Bye Plastic Bags’ Hilangkan Penggunaan Plastik

oleh -
Melati Wijsen, wanita asal Belanda yang menetap di Bali berhasil meraih sejumlah penghargaan bergengsi berkat kampanye 'Bye-Bye Plastic Bags' yang sekarang sudah mendunia. (NUR FIDHIAH SHABRINA/RADAR BANDUNG)

Mereka lalu melakukan kegiatan yang berguna di usia mudanya, melihat kondisi lingkungan didekatnya, keduanya concern memberantas sampah plastik yang menurut mereka sangat menggangu keindahan lingkungan.

“Saya terinspirasi dengan tokoh-tokoh hebat yang ada di dunia, kemudian berpikir apa yang bisa dilakukan untuk memberantas sampah plastik. Karena ini menggangu, saya ke pantai ada sampah plastik, ke sawah juga, dimana-mana ada plastik,” ujar Melati Wijsen.

Kemudian ia melihat ada 40 negara yang melarang penggunaan plastik. Bukti bahwa masalah ini memang sudah sangat waspada penggunaannya.
“Di luar negeri sudah banyak yang melarang penggunaan plastik, saya yakin ayo Indonesia, ayo Bali pasti bisa,” sambungnya.

Melalui BBPG, keduanya mewujudkan misi bersih tersebut hingga diundang ke London untuk berbicara di TED Talks juga ke New York untuk menjadi pembicara di PBB saat peringatan World Oceans Day 2017.

Mereka berdua sadar, kampanye ini tidak akan berjalan lancar tanpa dukungan pemerintah setempat. Untuk meraih simpati pemerintah, Melati dan Isabel membuat petisi guna mengumpulkan 100 tanda tangan bertempat di Bandara Internasional Ngurah Rai, Bali, seizin bea cukai dan pihak keamanan setempat.

Terkumpul lebih dari 100 tanda tangan namun masih belum bisa meyakinkan Gubernur Bali, Mangku Pastika.

Tentang Penulis: FES

Gambar Gravatar
Professional player, the news media team at Digital Radar Bandung, Jawa Pos group. ▪ Also part of the Team in Pojoksatu Bandung from Radar Bogor.