News

Pengaduan Konsumen Meningkat Tajam Sejak 2017

Radar Bandung - 19/03/2019, 20:32 WIB
Kepala KPwBI Jawa Barat, Doni P Joewono

RADARBANDUNG.ID, BANDUNG – Sepanjang 2018 Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Provinsi Jawa Barat menerima 91 pengaduan, jumlah tersebut meningkat tajam dibanding 2017 yang hanya 33 pengaduan.

Kepala KPwBI Jawa Barat, Doni P Joewono menyebut, untuk kartu kredit pengaduan mencapai 39 atau 43%, kartu atm/debet dengan 4 pengaduan atau 4%, transfer dana 4 pengaduan atau 4% serta pengaduan lainnya diluar kewenangan Bank Indonesia, yakni terkait pinjaman 20% dan lainnya 29%.

“Jumlah tersebut, sudah termasuk dengan sistem jasa pembayaran di Jawa Barat. Selain itu juga membuktikan bahwa konsumen di Jawa Barat tidak lagi pasif dan memahami akan hak dan kewajibannya,” ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (19/3/2019).

Selain itu, lanjutnya, dalam memeriahkan Hari Konsumen Nasional (Harkonas) yang dirayakan 19-20 Maret di Kota Bandung membuat beragam rangkaian kegiatan seperti senimar ‘Perlindungan Konsumen di Era Ekonomi Digital’ yang dilaksanakan di Ballroom Bale Pasundan, Senin (18/3/2019), serta 19-20 Maret di Gedung Sate.

Doni menjelaskan, Indeks Keberdayaan Konsumen Indonesia (IKKI) di Jawa Barat masih rendah, tercatat dikisaran 30.86 dari skala 100 atau dalam level paham.

“Konsumen saat ini sudah mengenali dan memahami hak dan kewajibannya, tapi belum sepenuhnya mampu memanfaatkan dan belum berperan aktif memperjuangkan haknya sebagai konsumen,” tuturnya.

Editor: Penanida