News

Pemanfaatan Digital Mampu Mendorong Perekonomian Kota Bandung Hingga Rp2,1 Triliun Per Bulan

Radar Bandung - 25/06/2019, 17:34 WIB

Tim Redaksi
Pemanfaatan Digital Mampu Mendorong Perekonomian Kota Bandung Hingga Rp2,1 Triliun Per Bulan

RADARBANDUNG.ID, BANDUNG – Sejak hadirnya ojek online hadir di Indonesia, 2015, pertumbuhan perekonomian khususnya di Kota Bandung cukup melesat.

Seperti yang ditunjukkan oleh lembaga demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI), merilis bahwa Gojek menyumbang Rp2,1 triliun ke perekonomian di Kota Bandung.

“Jika kita lihat, Gojek itu memiliki empat mitra yakni pengemudi Go-Ride, Go-Car, UMKM Go-Food dan Go-Life (Go-Clean dan Go-Massage). Sehingga masing-masing-masing itu menunjukkan kontribusinya yang cukup melesat,” ujar Wakil Kepala LD FEB UI, Paksi C.K Walandow, di Hotel Ibis Style Braga, Selasa (25/6/2019).

Di 2018 lalu, Go-Ride berhasil memberikan kontribusi Rp537 miliar untuk perekonomian di Kota Bandung, Go-Car Rp111 miliar, Go-Food Rp1,5 triliun dan G0-Life Rp46 miliar.

Sementara untuk penghasilan atau keuangan dari para mitra Gojek pun diamati mengalami kenaikan yang baik, rata-rata pendapatan per bulan untuk mitra Go-Ride Rp3,4 juta sedikit naik dari atas UMK Kota Bandung.

Sementara Mira Go-Car di Bandung mampu mencapai Rp4,8 juta per bulannya, Go-Life sebesar Rp4 juta dan Go-Food diatas Rp5,3 juta per bulannya.

“Hasil penelitian kami, 90 persen mitra UMKM menyatakan pertamakali melakukan go-online saat bergabung dengan Go-Food. Bahkan, 39 persen diantaranya menginvestasikan kembali pendapatannya dari Go-Food ke usaha mereka,” bebernya.

Paksi menyatakan, sebagai kota kuliner Bandung sangat wajar memiliki tingkat pendapatan perekonomian tertinggi dari Go-Food.

“Bisa dikatakan masuk ke UMKM karena pendapatannya masih di bawah Rp300 juta, Meskipun 76 persen responden UMKM melakukan transaksi non-tunai,” tambahnya.

“Hasil riset saat ini, 37 persen UMKM di Kota Bandung mengalami peningkatan volume transaksi dan 98 persen responden UMM mendapatkan pelanggan baru sejak bergabung di Go-Food,” pungkasnya.

Reporter: Nida Khairiyyah


Terkait Ekonomi Bisnis
Kemenkeu Jabar Lelang Serentak 123 Aset, Nilai Limit Capai Rp35,69 Miliar
Ekonomi Bisnis
Kemenkeu Jabar Lelang Serentak 123 Aset, Nilai Limit Capai Rp35,69 Miliar

Perwakilan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Jawa Barat menyelenggarakan lelang sebanyak 123 aset berupa aset tidak bergerak dan aset bergerak dengan nilai limit mencapai Rp35,69 miliar.

Telkom Regional II Dukung Akselerasi Digital Bagi Pelaku Usaha di Padalarang, KBB
Ekonomi Bisnis
Telkom Regional II Dukung Akselerasi Digital Bagi Pelaku Usaha di Padalarang, KBB

RADARBANDUNG.ID, KAB. BANDUNG BARAT – Telkom Regional II sukses menyelenggarakan pelatihan bertajuk “Raup Omset 100 Juta Perbulan dengan Akselerasi Digital” di Aula Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, KBB. Kegiatan ini diikuti 30 pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dengan tujuan meningkatkan daya saing, memperluas pasar, serta mendorong transformasi digital yang berkelanjutan. Acara ini dibuka secara […]

Hadirkan Ratusan UMKM Kuliner, BRI Tawarkan Cashback & Program Menarik di Kampoeng Tempo Doeloe 2025
Ekonomi Bisnis
Hadirkan Ratusan UMKM Kuliner, BRI Tawarkan Cashback & Program Menarik di Kampoeng Tempo Doeloe 2025

RADARBANDUNG.id, JAKARTA– PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI kembali menunjukkan komitmennya untuk memperkuat penetrasi layanan digital pada ekosistem lifestyle melalui partisipasinya dalam festival kuliner terbesar di Jakarta, Kampoeng Tempo Doeloe 2025. Ajang kuliner tahunan yang telah berlangsung sejak 2004 ini kembali hadir pada 15 Agustus – 28 September 2025 di La Piazza, Summarecon […]

BRI Luncurkan Kartu Debit Co-Branding BRI X INDODAX, Perkuat Inklusi Keuangan Digital di Indonesia
Ekonomi Bisnis
BRI Luncurkan Kartu Debit Co-Branding BRI X INDODAX, Perkuat Inklusi Keuangan Digital di Indonesia

RADARBANDUNG.id, JAKARTA- PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI terus menegaskan posisinya sebagai pelopor layanan keuangan digital di Indonesia. Dalam upaya mendorong inklusi dan literasi keuangan berbasis teknologi, BRI menjalin kolaborasi strategis dengan INDODAX, platform jual-beli aset kripto terbesar di Indonesia, melalui peluncuran kartu Debit Co-Branding BRI X INDODAX. Inisiatif ini menyasar komunitas tech-savvy, […]

location_on Mendapatkan lokasi...
RadarBandung AI Radar Bandung Jelajahi fitur berita terbaru dengan AI
👋 Cobalah demo eksperimental yang menampilkan fitur AI terkini dari Radar Bandung.