Pengendara Roda Empat Paling Banyak Melanggar

oleh -
melanggar lalu lintas
PATUH LODAYA: Suasana oprasi patuh lodaya 2019 di Jalan Ahmad Yani, Sabtu (1/8/2019) malam. Foto : ( Azzis Zulkhairil/Radar Bandung )

RADARBANDUNG.id, BANDUNG – Polrestabes Bandung menggelar oprasi patuh lodaya 2019 di beberapa titik jalan di Kota Bandung, Sabtu (31/8/2019) malam. Pengendara roda empat atau mobil diketahui paling banyak melakukan pelanggaran.

Dalam oprasi patuh lodaya kali ini Polrestabes menurunkan personel sebanyak 105 orang, dimana semua personel tersebut diterjunkan 35 orang disetiap titik di beberapa jalan di Kota Bandung.

Kasat Lantas Polrestabes Bandung, Kompol Bayu Catur Prabowo menuturkan, pada oprasi patuh lodaya 2019 fokus terhadap dua pelanggaran lalu lintas, yakni penggunaan safety belt untuk pengendara mobil dan penggunaan helm untuk pengendara roda dua.

Menurutnya, selama melaksanakan kegiatan oprasi patuh lodaya yang ditugaskan oleh Polda jabar pada Kamis (29/8/2019), pelanggaran safety belt oleh pengendara mobil di Kota Bandung paling banyak ditemukan.

“Pelanggar safety belt terbanyak, kami juga masih menemui di lapangan selama operasi patuh 2019 ini,”ujar Bayu saat ditemui di Jalan Ahmad Yani, Sabtu (1/8/2019) malam.

Bayu mengatakan, penggunaan Safety belt memang tergolong kecil, namun dalam prakteknya masyarakat masih banyak yang abai terhadap penggunaannya di jalanan.

“Safety belt ini, banyak masyarakat yang menilai hanya pelengkap kendaraan saja, tapi tidak digunakan untuk kelengkapan keselamatan bagi dirinya,”jelasnya.

Namun Bayu tidak menjelaskan lebih rinci soal berapa jumlah pengendara mobil yang diketahui tidak mengenakan Safety belt dan jumlah pengendara motor yang tidak patuh terhadap aturan lalulintas.

Disinggung soal beberapa pelanggaran lain selain ketertiban lalu lintas, Bayu menyebut, pada hari pertama hingga ketiga, belum ditemukan pelanggaran-pelanggaran yang menggangu ketertiban.

“Pelanggaran lain belum kita temukan, kita masih pada dua fokus yang sudah disebut tadi,” pungkasnya.

(azs)