200 Balon Kades Dites Kesehatan

oleh -
kesehatan
MENJELASKAN : Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) KBB, Wandiana memberikan penjelasan kepada wartawan, Selasa (3/9/2019). Foto : ( MOCH.HABIBI/RADAR BANDUNG )

RADARBANDUNG.id, NGAMPRAH – Sebelum mengikuti Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak pada 24 November 2019 yang akan datang sebanyak 200 bakal calon kepala desa (Kades) di Kabupaten Bandung Barat (KBB) menjalani tes kesehatan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) KBB, Wandiana mengatakan, pemeriksaan tes kesehatan tersebut merupakan bagian dari persyaratan yang dilakukan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cikalongwetan.

”Di KBB terdapat 112 dari 165 desa yang menggelar pilkades. Tes kesehatan ini merupakan bagian dari tahapan pelaksanaan pilkades serentak,” kata Wandiana di Ngamprah, Selasa (3/9/2019).

Ditambahkannya, laporan sementara yang diterima DPMD Kabupaten Bandung Barat,  baru 200 bakal calon kepala desa yang menjalani tes kesehatan. Mereka berasal dari lima kecamatan.

“Pelaksanaan pemeriksaan kesehatan hanya di RSUD Cikalongwetan,  walaupun di Bandung Barat ada RSUD Cililin dan RSUD Lembang. Tapi yang memiliki dokter jiwa hanya di Cikalongwetan,” ucapnya.

Pilkades Serentak 2019 menjadi yang terbanyak dibandingkan dua kali penyelenggaraan di tahun 2015 yang hanya diikuti 41 desa dan 2017 melibatkan 12 desa.

“Untuk keamanan melibatkan Polres Cimahi dan Kodim 0609 Kabupaten Bandung. Semua berharap, Pilkades Serentak 2019 dalam berjalan kondusif,” ungkapnya.

(bie)