Disnaker Siapkan 4.000 Lowongan Kerja

oleh -
lowongan kerja
ANTRE: Ribuan orang berdesak-desakan dalam bursa tenaga kerja di BIP, Kota Bandung, Selasa (25/6/2019). Foto : ( TAOFIK ACHMAD HIDAYAT/RADAR BANDUNG )

RADARBANDUNG.id, BANDUNG – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung melalui Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Bandung menggelar Bursa Tenaga Kerja di Gedung Graha Manggala Siliwangi, Jalan Aceh, pada 3-4 September 2019. Bursa kerja kali ini, menggandeng 41 perusahaan dengan potensi sekitar 4.000 lowongan pekerjaan.

Wali Kota Bandung Oded M Danial mengatakan, ini merupakan bursa tenaga kerja ketiga sepanjang ia memimpin Kota Bandung.

“Ini kita lakukan untuk menekan angka pengangguran di Kota Bandung,” kata Oded saat membuka acara, Selasa (3/9/2019).

Oded menyebut, pada 2016 angka pengangguran di Kota Bandung sekitar 9 persen. Namun Pemkot Bandung terus berusaha untuk menurunkan angka penganguran, salah satunya melalui bursa tenaga kerja.

“Hasilnya, pada 2018, angka pengangguran menurun menjadi sekitar 8 persen,” jelasnya.

Menurutnya, hal ini juga tak lepas dengan sinergititas Pemkot Bandung dengan para pengusaha sebagai penyedia lapangan pekerjaan.

“Saya berharap job fair ini bisa mengurangi pengangguran sekaligus juga membuka peluang untuk masyarakat terutama para pencari pekerjaan,” ujarnya.

Meski digelar oleh Pemkot Bandung, Oded mengaku gembira karena ternyata bursa tenaga kerja ini juga dimanfaatkan oleh warga daerah lain.

“Saya tadi bertanya ke berapa orang peserta. Ternyata KTP-nya bukan hanya warga Kota Bandung. Ada Cileunyi, Bojongsoang (Kabupaten Bandung), dari Padang juga ada. Tapi kita kan NKRI. Harapan saya paling tidak ini bisa membantu pencari kerja,” pungkasnya.

(arh/net)