Turun ke Jalan Sebelum Kuliah

oleh -
turun ke jalan
DEMONSTRASI : Mahasiswa Hongkong menggelar aksi sebelum mengikuti perkuliahan (PHILIP FONG / AFP) Foto : ( ILUSTRASI )

RADARBANDUNG.id, Tanpa masa depan, kenapa mesti repot-repot pergi ke sekolah. Kalimat yang tertulis dalam bahasa Mandarin itu menjadi latar panggung orasi untuk para demonstran di Hongkong, Senin (2/9/2019). Ribuan siswa SMA dari 200 sekolah turun ke jalan dan membentuk rantai manusia. Mereka memakai masker, goggle (kacamata pelindung), dan helm untuk menyamarkan identitas.

“Hongkong adalah rumah kami. Kami adalah masa depan kota ini dan harus mengambil tanggung jawab untuk menyelamatkannya,” ujar Wong, salah seorang siswa, sebagaimana dikutip Agence France-Presse. Mereka akhirnya berkumpul di Edinburg Place.

Di beberapa rumah sakit, para perawat melakukan aksi serupa. Mereka berdiri di koridor RS sambil membawa tulisan yang berisi dukungan untuk gerakan anti pemerintah.

Setali tiga uang, para mahasiswa ikut memboikot perkuliahan selama dua pekan ke depan. Ribuan mahasiswa berkumpul di Chinese University of Hong Kong (CUHK). Seharusnya kemarin menjadi hari pertama kuliah setelah libur musim panas. Paginya, para aktivis juga sempat mengacaukan jadwal kereta. Mereka menghalangi pintu kereta tertutup.

(sha/c18/dos)