Cara Merawat 6 Jenis Produk Make-Up Agar Tetap Higienis

oleh -
Make Up
ILUSTRASI. Produk make-up harus terjaga kebersihannya agar kulit wajah tidak alergi. (Boldsky)

RADARBANDUNG.id – Menjaga produk make-up tetap bersih alias tidak terkontaminasi kotoran adalah hal yang sangat penting dilakukan. Sebab produk dan alat make-up yang kotor bisa membuat kulit wajah gatal-gatal atau alergi.

Tak hanya kulit, produk riasan mata dan bibir juga dapat menyebabkan infeksi jika tidak dirawat. Merawat produk make-up tergantung pada frekuensi menggunakannya. Tetapi proses pembersihannya tidak sama untuk setiap produk make-up. Dilansir dari Pink Villa, Senin (24/2), ada beberapa cara untuk membersihkan make-up, di antaranya,

1. Lipstik

Make Up
Ilustrasi penggunaan lipstik. (Stylecraze)

Gosok alkohol sedikit dan semprotkan pada bagian lipstik atau gagangnya yang terbuka dan kemudian bersihkan dengan tisu. Dengan cara ini, Anda bisa menjaga tingkat kebersihan lipstik.

2. Pensil Alis atau Pensil Eyeliner

Jangan pernah membagikan pensil mata dengan orang lain karena akan menyebabkan infeksi. Selain itu, pertajam pensil alis sebelum digunakan. Dan jangan lupa untuk mensterilkan rautan sebelum menggunakannya dengan bola kapas dengan menyeka alkohol.

3. Kuas Eye Shadow, Blush-On, dan Bedak

Untuk mensterilkan bayangan mata, pemerah pipi, blush-on, bedak padat, bronzer, Anda harus selalu membersihkan kuasnya. Jadi, ambil tisu bersih dan bersihkan sebelum menggunakannya. Anda juga bisa menyemprot alkohol.

4. Spons

Membersihkan spons tergantung pada frekuensi penggunaannya. Jika menggunakannya dua kali atau tiga kali dalam seminggu maka bersihkan setiap minggu dengan sabun anti-bakteri. Anda juga dapat menggunakan pembersih. Semprotkan sedikit alkohol gosok pada spons dan bersihkan dengan tisu bersih.

5. Krim dan Gel

Jangan pernah menggunakan jari Anda untuk mengoleskan krim atau gel pada wajah. Selalu gunakan kuas untuk itu. Lebih baik selalu gunakan spatula untuk menggunakannya.

6. Maskara

Maskara dapat dengan mudah menangkap bakteri yang akan menyebabkan iritasi. Jadi, gantilah maskara setiap tiga bulan untuk menjaga tingkat kebersihan mata.

(jpc/radarbandung)