Ada Dampak Positif Virus Corona

oleh -
Dampak Positif Virus Corona
WAWANCARA : Presiden International Chamber of Commerce (ICC) Indonesia, Ilham Akbar Habibie, saat wawancara usai menghadiri Pelantikan Pengurus Kadin Kabupaten Bandung periode 2019-2024 di Grand Sunshine Sahid Hotel, Soreang, Jumat (28/2). (Fikriya Zulfah/Radar Bandung)

RADARBANDUNG.id, SOREANG – Virus Corona tidak hanya memberikan dampak negatif, tetapi juga mampu memberikan dampak positif, yaitu mampu meredam perang dagang yang terjadi antara Amerika dan China.

Presiden International Chamber of Commerce (ICC) Indonesia, Ilham Akbar Habibie memastikan jika perang dagang antara China dan Amerika tidak ada hubungannya dengan wabah virus corona. Kendati demikian, adanya virus corona justru membuat ketegangan antara China dan Amerika meredam.

“Jadi adanya wabah virus corona ini membuat perseteruan antara dua negara itu terlupakan sementara. Tapi tidak hilang secara utuh,” ujar Ilham seusai menghadiri Pelantikan Pengurus Kadin Kabupaten Bandung periode 2019-2024 di Grand Sunshine Sahid Hotel, Soreang, Jumat (28/2).

Menurut Ilham, mewabahnya virus corona tersebut membuat pertemuan antar negara di dunia semakin berkurang jadwalnya. Meski belum tahu angka pastinya penerunan pertemuan bilateral maupun multilateral itu, namun ia memastikan adanya penurunan.

“Kami amati, dari hari ke hari, minggu ke minggu banyak orang yang terkena virus ini. Bahkan di negara yang jauh dari China sekalipun seperti Italia sudah ada yang terjangkit. Bahkan sejumlah kota ditutup (untuk wisatawan asing),” jelasnya.

Jika kondisi seperti ini dibiarkan berlarut-larut, maka diperkirakan akan muncul krisis ekonomi yang mungkin lebih besar. Namun fenomena krisis ekonomi tak perlu jadi hal yang dikhawatirkan. Menurutnya, ada manfaatnya jika krisis ekonomi tersebut terjadi.

“Manfaatnya seperti harga-harga mungkin bisa turun lagi yang sudah tinggi. Dan kondisi ekonomi dimanapun akan lebih sehat jika krisis ekonomi terjadi,” pungkas Ilham. (fik/b)

Tentang Penulis: FES

Gambar Gravatar
Professional player, the news media team at Digital Radar Bandung, Jawa Pos group. ▪ Also part of the Team in Pojoksatu Bandung from Radar Bogor.