SDN 164 Karang Pawulang Juara Turnamen Futsal Junior 2020

oleh -
Turnamen Futsal
JUARA PERTAMA: Tim Futsal A dari SDN 164 Karang Pawulang lolos menjadi juara pertama Turnamen Futsal Junior 2020.

RADARBANDUNG.id, BANDUNG – Sebanyak 22 tim dari 16 Sekolah Dasar (SD) Kota Bandung dan Cimahi mengikuti Turnamen Futsal Junior 2020 kategori kelahiran 2009-2010. Turnamen yang diselenggarakan oleh Stadium Event Managament yang didukung Sierra, Radar Bandung dan Harita Konveksi Futsal itu berlangsung di MB Futsal Jalan Cipedes, Sukajadi, Minggu (1/3).

Dalam pertandingan tersebut, tim futsal A dari SDN 164 Karang Pawulang keluar sebagai juara. Sementara posisi kedua ditempati oleh SD Sains Al Biruni, serta juara ketiga bersama diraih oleh SDN 085 Cimbuleuit dan SD Al Azhar 36.

Pelatih tim futsal SDN 164 Karang Pawulang, Sugianto mengaku gembira atas torehan anak didiknya. Menurut Sugianto, selama guliran kompetisi tim futsal besutannya bisa menunjukan permainan yang optimal. Capaian tersebut tentu bukan tanpa alasan, latihan tekun dan disiplin yang mereka jalani menjadi salah satu kunci kemenangan.

“Saya tentu gembira. Bukan hanya saya, anak-anak pasti merasakan hal yang sama,” ujarnya saat ditemui Radar Bandung seusai pertandingan, Minggu (1/3).

Sugianto menyampaikan, timnya bisa menguasai pertandingan secara keseluruhan. Semua pemain, yang merupakan gabungan dari kelas 4 dan 5, bisa tampil dengan lepas. Pertandingan melawan SD Saint Al Biruni, diakui Sugianto bukan untuk yang pertama kalinya. Di kesempatan berbeda, timnya dikatakan sering berhadap-hadapan dengan lawan tandingnya itu.

“Kami selalu berupaya mencermati permain mereka sebaik mungkin. Alhamdulillah, akhirnya bisa menang di final,” ujarnya.

Sugianto menilai, turnamen futsal usia sekolah dasar merupakan kegiatan yang positif. Dalam turnamen tersebut, lanjut Sugianto, anak-anak secara terbina bukan hanya untuk mengejar juara, tapi meningkatkan jiwa sportivitas dan kebersamaan. Selaku pelatih, Sugianto selalu menanamkan nilai kerjasama dan tidak saling menyalahkan satu sama lain.

Turnamen Futsal
JUARA KEDUA: Tim Futsal SD Sains Al Biruni keluar sebagai
juara kedua pada Turnamen Futsal Junior 2020.

“Turnamen semacam ini sangat penting untuk diselenggarakan. Ini menjadi wadah pengembangan serta pembinaan minat bakat anak-anak, khususnya di olahraga futsal. Saya berharap turnamen semacam ini semakain banyak,” ujarnya.

Semantara itu, Ketua Pelaksana Junior Futsal 2020, Alan Gustiana Afandi menambahkan, turnamen tersebut bukan semata-mata untuk mencari juara, lebih dari itu, berupaya menjadi wadah silaturahmi siswa antar sekolah, praktik edukatif olahraga futsal, serta pembinaan minat bakat usia muda. Menurutnya, turnamen tersebut dapat dijadikan sarana yang potensial untuk memupuk rasa kebersamaan para siswa.

Turnamen Futsal
JUARA KETIGA: SDN 085 Cimbuleuit dan SD Al Azhar 36 menjadi
juara bersama pada Turnamen Futsal Junior 2020.

“Kami dari Stadium Event Management ingin turut berkontribusi dalam pembinaan dan pengembangan atlet-atlet usia muda. Salah satunya melalui turnamen-turnamen yang kami selenggarakan,” ujarnya.

Alan pun mengapreiasi pihak-pihak yang turut mendukung kelancaran turnamen tersebut, baik dari jajaran sekolah, tim pelatih serta orang tua. Dukungan bersama dari banyak pihak, menurut Alan, sangat dibutuhkan untuk merawat potensi yang dimiliki anak-anak. Oleh karenanya, Alan berharap, turnamen berikutnya dapat kembali terselenggara secara berkelanjutan.

“Jika tidak halangan, di pertengahan April sebelum bulan puasa nanti, kami akan kembali menggelar turnamen kategori kelas, dari kelas 1 hingga kelas 5 SD,” pungkasnya.

Turnamen Futsal
Narendra Rizkia Putra, dipilih sebagai pemain terbaik

Dalam turnamen tersebut, selain juara tim penghargaan pun diberikan untuk kategori Best Player. Narendra Rizkia Putra, pemain bernomor punggung 13 dari SD Saint Al Biruni A dipilih sebagai pemain terbaik. Secara umum, pertandingan berjalan lancar dan dapat dinikmati oleh sekitar 750 pengunjung.

(muh/b)