Golkar Masih Buka Peluang Koalisi

oleh -
Partai Golkar masih membuka komunikasi dengan partai lain untuk berkoalisi. (dok. Jawa Pos)

RADARBANDUNG.id, SOREANG – Walaupun sudah melakukan tiga tahapan penjaringan calon bupati, Partai Golkar masih membuka komunikasi dengan partai lain untuk berkoalisi.

Ketua Tim Penjaringan Partai Golkar, Cecep Suhendar mengungkapkan bahwa setelah pelaksanaan uji visi misi yang telah dijalani oleh delapan bacalonbup Golkar, maka hasilnya akan dikirim ke DPP Pusat melalui DPD Provinsi Jawa Barat.

Kemudian pada akhirnya akan memunculkan satu nama dalam surat rekomendasi sebagai calon bupati dari Partai Golkar. Walaupun demikian, pusat memiliki kewenangan untuk melakukan komunikasi dengan partai lain sehingga mungkin saja rekomendasinya menjadi pasangan. Pasangan tersebut mungkin saja partainya dari Golkar atau dari partai yang dianggap bisa diajak kerjasama atau koalisi.

“Yang menetukan rekomendasi yaitu selain uji kompetensi juga ada survey sebagai penyeimbang. Jadi ada uji kompetensi, kepatutan, kelayakan, kemudian hasil survey. Dimana semua nilainya dijumlahkan kemudian hasil akhirnyalah yang dijadikan rekomendasi,” ungkap Cecep saat wawancara di Soreang, Selasa (3/3/2020).

Terkait rekomendasi akhir yang nantinya dikeluarkan oleh pusat, Cecep meminta para kader, para pengurus dan utamanya para bacalonbup Partai Golkar, tidak perlu mengkhawatirkan kenetralan panitia. Cecep menyakini panitia penjaringan sangat netral dan tidak punya kepentingan terhadap individu.

“Apapun hasilnya nanti akan diberikan secara terbuka,” tegasnya.

Selain itu, Cecep sangat mengapresiasi pelaksanaan uji visi misi bacalonbup Partai Golkar, yang dilakukan beberapa waktu yang lalu. Menurutnya, kegiatan yangdihadiri oleh lebih dari 500 kader dan panelis profesional dan independen, merupakan suatu hal yang demokratis dan independensinya terjaga.

“Disana kita melihat pelaksanaan demokrasi yang baik,” pungkas dia.

(fik/b)