Merebaknya Virus Corona, Pemkot Bandung Minta Kemenlu Tinjau Ulang Gelaran KAA Ke 65

oleh -
Yana Mulyana
Yana Mulyana

RADARBANDUNG.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung mengusulkan kepada Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) untuk meninjau ulang gelaran Konferensi Asia Afrika (KAA) ke-65 pada April 2020.

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan, hal tersebut dilakukan sebagai langkah antisipasi penyebaran virus corona di Kota Bandung, mengingat masif nya jumlah tamu mancanegara yang hadir dalam perhelatan tersebut setiap tahunnya.

Baca Juga: Tangkal Virus Corona, MUI Serukan Umat Islam Lakukan Amalan Ini

“Menghadirkan orang dengan jumlah cukup banyak, dan dari berbagai negara. Tapi kita sebagai kota yang terbuka, tidak bisa (melarang) dan itu menjadi sebuah kebijakan,” ujar Yana kepada wartawan di Balai Kota Bandung, (4/3).

Ia mengatakan, pihaknya saat ini tengah berkoordinasi dengan kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) untuk mendiskusikan hal tersebut. Ia juga memerintahkan Kadisbudpar langsung untuk berkoordinasi dengan Kementrian Luar Negeri.

“Minta Kadis untuk berkoordinasi dengan Kemenlu, kemungkinan peringatan, apakah akan dijadwal ulang atau tetap dilaksanakan, atau seperti apa,” ucap Yana.

Selain dari peringatan KAA, Ia mengutarakan di Kota Bandung belum ada lagi acara besar yang akan dihadiri publik luas.

“Nanti kalau sudah ada keputusan, tinggal bagaimana kita mengantisipasi. Sekarang masih menunggu jawaban karena itu kebijakan kementrian,” tambahnya.

Baca Juga: Butuh Informasi Soal Virus Corona? Kata Ridwan Kamil Hubungi Nomor Ini…

Lebih lanjut Yana menambahkan, sejauh ini pihaknya belum memiliki wacana untuk membatasi jumlah kunjungan wisatawan luar negeri ke Kota Bandung. Tetapi langkah yang dilakukan adalah membatasi kunjungan luar negeri di lingkungan ASN Pemrintah Kota Bandung.

“Belum ada rencana dan pembahasan ke sana (pembatasan wisatawan). Paling kami akan membatasi kegiatan ASN yang ke luar negeri seperti studi banding,” imbuhnya.

 

(rmoljabar/radarbandung)

Tentang Penulis: FES

Gambar Gravatar
Professional player, the news media team at Digital Radar Bandung, Jawa Pos group. ▪ Also part of the Team in Pojoksatu Bandung from Radar Bogor.