Sandiaga Uno Ingin Mahasiswa Unisba Jadi Motor Penggerak Pembangunan Ekonomi

oleh -

RADARBANDUNG.id, BANDUNG – Pengusaha muda Sandiaga Salahuddin Uno meminta generasi muda lebih pro aktif menyongsong era disrupsi. Menurutnya, penguatan Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi modal yang besar menyikapi bonus demografi di Indonesia.

Hal tersebut diungkapkan Sandiaga usai menjadi keynote speaker dalam kegiatan seminar nasional bertajuk “Memaksimalkan Bonus Demografi dan SDM Unggul untuk Laju Ekonomi Bangsa” yang diselenggarakan Fakultas Dakwah Universitas Islam Bandung (Unisba), Rabu (4/3/2020).

Sandiaga mengatakan, dengan penguatan SDM dan menyusun arah baru pendidikan bisa membuka peluang kewirausahaan yang mandiri. Sehingga, generasi muda yang sekarang menglalami kesulitan dapat pekerjaan justru mampu memulai usaha dengan menciptakan lapangan pekerjaan.

“Saya harap Unisba jadi locomotif penggerak generasi masa depan yang punya ilmu pengetahuan teknologi disertai iman dan takwa.
Apalagi fakultas dakwah ini ilmunya sudah dimiliki semua,” ujarnya.

“Anak-anak muda kedepan harus bisa menjadi motor penggerak pembagunan untuk bangsa ini,” sambungnya.

Terkait penerapan kampus merdeka yang dicetuskan Mendikbud, Nadiem Makarim. Menurut Sandiaga, pihaknya sangat mendukung kebijakan tersebut. Pasalnya, pendidikan saat ini harus disesuaikan dengan perkembangan dan tantangan zaman.

“Saat ini dunia teknologi berkembang pesat. Coba zaman dulu apakah kepikiran ada pekerjaan yang hanya dilakukan lewat hanphone? Ada banyak pekerjaan yang digantikan oleh robot. Ini harus disesuaikan dengan tantangan dan perkembangan zaman. Kita harus bisa beradaptasi” paparnya .

Sandiaga meyakini, Unisba bisa menjadi kampus pertama yang mengajarkan pilar-pilar inovasi untuk menggugah mahasiswa agar pro aktif demi masa depan yang lebih baik.

“Apa yg diajarkan di kampus termasuk Unisba harus bisa mengajarkan pilar inovasi. Mahasiswa jangan banyak santai, banyak mager dan banyak merabahan,” jelasnya.

Ia mengajak mahasiswa Unisba untuk memaksimalkan bonus demografi dan mulai menciptakan SDM unggul, untuk memajukan Indonesia melalui pembangunan ekonomi yang siap membuka lapangan kerja.

“Mari bersama-sama kita ciptakan SDM berdaya saing. Saya yakin mahasiswa Unisba bisa mengisi pembangunan bangsa ini dengan baik,” pungkasnya.

(cr4)