UPI Daftarkan 16 Prodi Melalui Lembaga Akreditasi Internasional Asal Jerman

oleh -

RADARBANDUNG.id, BANDUNG – Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) mendaftarkan 16 program studi (prodi) di empat kluster untuk diaudit Badan Penjaminan Mutu melalui Akreditasi Program Studi oleh lembaga akreditasi asal Jerman, The Agency for Quality Aasurance through the Accreditation of Study Programmes (Aqas). Upaya itu dilakukan untuk mewujudkan world class university.

Program Koordinator Akreditasi UPI-Aqas, Nandi mengungkapkan, prosedur akreditasi internasional ini sangat panjang. Mulai dari penyiapan dokumen hingga inisiasi pemilihan agensi akreditasi internasional.

“Saat ini sudah memasuki proses visitasi oleh Aqas,” ujar Nandi saat ditemui di gedung Partere UPI, Jalan Setiabudi Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (5/3/2020).

Aqas merupakan salah satu agensi akreditasi independen dan profesional asal Jerman yang memiliki reputasi di dunia. Hampir 48 perguruan tinggi di Jerman sudah diakreditasi di lembaga tersebut, termasuk beberapa perguruan tinggi di Asia, Afrika dan Amerika.

“Akreditasi yang dilakukan menjadi kontribusi UPI dengan menghadirkan prodi berkualitas yang terakreditasi internasional,” jelasnya.

Nandi menambahkan, proses visitasi akreditasi internasional oleh Aqas akan dilakukan di 16 prodi pada empat kluster. Yakni kluster ekonomi dan manajemen, kluster geografi, kluster bahasa dan sastra, serta kluster pendidikan vokasi.

Pada tahap pertama, Aqas akan melakukan assesment di kluster ekonomi dan manajemen yang terdiri dari 4 prodi yakni Manajemen di jenjang pendidikan sarjana (S1), magister (S2) dan doktoral (S3) serta prodi Pendidikan Manajemen Perkantoran di jenjang pendidikan sarjana (S1).

“Visitasi untuk akreditasi empat prodi di kluster ekonomi dan manajemen ini sudah dilaksanakan sejak Selasa (3/3) lalu,” tuturnya.

Pada tahap kedua, sambung Nandi, Aqas akan melakukan assesment akreditasi internasional di kluster Geografi yang terdiri dari prodi pendidikan geografi (S1 dan S2), geografi (S3), dan prodi science informasi geography (S1). Rencananya, pelaksanaan visitasi akan dilakukan AQAS pada pekan depan.

Terakhir, Aqas akan kembali melakukan visitasi akreditasi internasional untuk kelompok keilmuan yakni kluster Bahasa dan Sastra serta kluster pendidikan vokasi. Untuk kluster bahasa dan sastra yakni di prodi pendidikan bahasa Inggris di jenjang pendidikan sarjana, master dan doktoral serta pendidikan bahasa Jerman di jenjang pendidikan sarjana.