Pentas PAI Memperluas Pembelajaran

oleh -
Pekan Keterampilan dan Seni
BERFOTO : Peserta Qosidah dari Kecamatan Ciwidey berfoto sebelum tampil pada Pentas PAI di Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Kamis (5/3). (Fikriya Zulfah/Radar Bandung)

RADARBANDUNG.id, RANCABALI  – Pekan Keterampilan dan Seni (Pentas) Pendidikan Agama Islam tingkat Kabupaten, diyakini mampu menjadi sarana guna memperluas ruang lingkup pembelajaran pendidikan agama bagi generasi muda.

Kepala Bidang Sekolah Dasar (SD) Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung, Adang Safaat, mengatakan bahwa anak – anak SD yang sekarang ini, dimasa depan akan menjadi pemimpin. Dengan demikian, wajib hukumnya untuk memupuk pendidikan agama sedini mungkin, sehingga mereka bisa menjadi pemimpin yang cerdas dan berkarakter Islami serta Qurani,

“Kegiatan ini akan terus digelar. Karena selain dapat memberikan semangat kepada para siswa, juga dapat memberikan memberikan ruang gerak bagi siswa untuk menyalurkan bakat dan kreatifitas mereka, termasuk ajang evaluasi bagi guru dan orangtua siswa,” ucap Adang saat wawancara di Rancabali, Kabupaten Bandung, Kamis (5/3).

Kegiatan Pentas PAI ini merupakan agenda tahunan, yang bertujuan sebagai salah satu sarana pembelajaran pendidikan agama. Apalagi, kegiatan ini sesuai dengan misi Kabupaten Bandung yang religius.

“Ini merupakan implementasi pembelajaran siswa yang diberikan guru. Sehingga, siswa – siswi sebagai calon penerus bangsa memiliki podansi agama yang kuat,” jelas Adang.

Kegiatan  Pentas PAI 2020 diselenggarakan di SDN Barutunggul 2,  SDN Barutunggul 3 dan SDN Barutunggul 4 Kecamatan Rancabali tersebut, di ikuti sekolah SD yang ada di 31 kecamatan di Kabupaten Bandung. Lebih lanjut, Adang menyatakan bahwa semua peserta merupakan orang terbaik dari tingkat kecamatan masing-masing. Mereka yang saat ini bertanding akan memperebutkan juara untuk ikut bertanding ke tingkat provinsi.

“Siswa-siswi terbaik dari pertandingan saat ini akan diikutsertakan dalam kompetisi tingkat Provinsi Jawa Barat yang rencananya akan diselenggarakan di Cirebon pada April 2020 nanti. Dan diharapkan bisa mempertahankan juara umum,” tutur Adang.

Sementara itu, Kepala Korwil Pasirjambu, Dodi Rodiana, mengungkapkan bahwa dalam pelaksanaan Pentas PAI 2020 ini, pihaknya mengikutsertakan peserta unggulan yaitu untuk lomba hafidz Qur’an dan MTQ, dimana pada tahun sebelumnya, berhasil mengamankan tempat pertama pada kedua lomba tesebut. Dengan demikian, Dodi menargetkan juara pertama, walaupun setiap kecamatan mendatangkan peserta unggulan juga. Tetapi dengan usaha dan doa, dirinya yakin Kecamatan Pasirjambu mampu menjadi juara di Pentas PAI 2020.

“Kendala tidak ada ya. Walaupun sekarang sudah ada regulasi TNT (Transaksi Non Tunai), kita bisa atasi dengan membentuk kepanitian, sehingga anggaran bisa dicairkan,” pungkas Dodi.

( fik / b )

Tentang Penulis: FES

Gambar Gravatar
Professional player, the news media team at Digital Radar Bandung, Jawa Pos group. ▪ Also part of the Team in Pojoksatu Bandung from Radar Bogor.