Suspect Corona di RSHS Bandung Bertambah, Total 5 Orang Diisolasi

oleh -
RSHS Bandung Catat Lonjakan Pasien Covid-19 di November, Stok Tempat Tidur Perawatan Menipis
Petugas keamanan tengah berjaga di depan Ruangan Isolasi Infeksi Khusus Kemuning RSUP Hasan Sadikin. (Taofik Hidayat/Radar Bandung)

RADARBANDUNG.id, BANDUNG- Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung menerima pasien dalam pengawasan (PDP) virus corona (Covid-19) rujukan dari Garut dan Cianjur.

Saat ini, total pasien yang dirawat di ruang isolasi RSHS Bandung berjumlah lima orang.

Pasien dari Cianjur diketahui berjenis kelamin perempuan. Sedangkan dari Garut, pria. Mereka tiba di RSHS Bandung, Minggu (8/3/2020) malam dan dikategorikan pasien high risk karena pernah kontak dengan orang terpapar virus corona di luar provinsi Jawa Barat.

Baca Juga:

Warga China Terduga Virus Corona jadi Pasien Isolasi Pertama RSHS

Tenang, Pasien Virus Corona Ditanggung Pemerintah

“Kondisinya stabil dan sampel (pemeriksaan) sudah diserahkan ke Litbangkes (Kementerian Kesehatan) di Jakarta,” ujar Kepala Bidang Medik RSHS Bandung dr Zulvayanti, Senin (3/9/2020).

Tiga pasien lainnya sudah terlebih dahulu dirawat. Ia menyebut secara umum, kondisi kesehatannya masih baik. Semua pasien dirawat di ruang isolasi. Empat orang di antaranya tidak menggunakan alat bantu (ventilator).

Satu orang pasien pria yang berusia 59 tahun harus menggunakan ventilator. Ia  tercatat pernah melakukan perjalanan umroh ke Arab Saudi. “Kami masih menunggu hasil (lab dari Litbangkes),” kata dia.

Sejauh ini, total pasien asal Jawa Barat yang dirawat RSHS sejak virus corona mewabah sebanyak 11 orang.  Selain lima orang yang saat ini masih diisolasi, semuanya sudah pulang karena hasil pemeriksaan medis tak terpapar virus corona.

Ia meminta masyarakat tetap tenang dan menerapkan pola hidup sehat dan menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Semua informasi mengenai pencegahan virus corona sudah bisa diakses di berbagai kanal informasi.

“Panik berlebihan itu tidak baik, ” ucapnya.

(ca/b/radarbandung.id)