Pasien Positif Virus Korona Melonjak Drastis

oleh -
Pasien Positif Virus Korona Melonjak Drastis
BERJAGA: Petugas keamanan rumah sakit berjaga di depan Ruangan Isolasi Infeksi Khusus Kemuning di RSUP Hasan Sadikin, Jalan Pasteur, Kota Bandung. (Foto: Taofik Achmad Hidayat/Radar Bandung)

RADARBANDUNG.id, JAKARTA – Pemerintah mengumumkan lonjakan jumlah pasien positif virus Corona atau Covid-19 di wilayah Indonesia. Kini, Pemerintah mengumumkan ada 19 pasien yang positif virus Corona.

Dari 19 kasus, dua pasien di antaranya adalah Warga Negara Asing. Sementara kasus penularan juga ada yang merupakan imported case, atau pasien yang masuk ke wilayah RI namun tertular virus Corona di luar negeri.

Baca Juga: RS Rujukan di Jabar Kesulitan Tangani Pasien Virus Corona

“Sehingga hari ini kasus yang terkonfirmasi positif 19 orang. Ini yang kami rilis kasus 1 sampai 6 kemarin, hari ini saya sampaikan kasus 7 sampai 19,” kata Juru Bicara COVID-19 Untuk Pemerintah Achmad Yurianto, Senin (19/3).

Yurianto menegaskan masyarakat diminta untuk tenang, karena penyakit ini tidak seperti di Wuhan, Tiongkok. Tidak ada pasien yang menggunakan oksigen dan infus.

“Gejala klinis yang kami dapatkan pada mereka yang tanpa penyuakit kronis mendahului, tidak demam, tidak batuk, artinya secara keseluruhan tampak sebagai pasien ringan, tidak sakit berat,” paparnya.

Baca Juga: Suspect Corona di RSHS Bandung Bertambah, Total 5 Orang Diisolasi

Namun, ada beberapa pasien yang dipasang infus dan oksigen karena memang ada penyakit kronis yang mendahului. Berdasarkan hasil lab siang tadi, kata dia, pemeriksaan dilakukan beberapa hari lalu yang menggunakan PCR, kemudian dikonfirmasi dengan Genome Squenzing.