Wow, Harga Gim Konsol Nintendo Play Station Klasik Capai Rp 5 Miliar

oleh -

RADARBANDUNG.ID- SEBUAH perangkat gim konsol Nintendo Play Station, biasanya hanya dilepas sekitar puluhan dolar AS di laman jual beli online. Ternyata ada satu unit yang harganya mencapai ratusan ribu dolar.

Konsol Nintendo Play Station yang masuk ke sebuah lelang situs Heritage Auction akhir pekan lalu, membukukan penawaran hingga USD 360.000 atau sekitar Rp 5 miliar.

Lantas apa alasan konsol tersebut bisa memiliki harga jual fantastis? Ternyata, him konsol yang dilelang tersebut merupakan unit prototipe (konsep) pertama yang dikembangkan Nintento sebelum model produksinya dipasarkan, lansir The Verge.

Pendiri Pets.com dan Toys.com, Greg McLemore, menjadi kolektor yang beruntung mendapatkan barang tersebut dengan tawaran tertinggi, mengalahkan kolektor lain, termasuk Palmer Luckey, CEO Oculus VR.

Nintendo membuat model konsep Play Station sebanyak 200 unit, yang dibuat dari kemitraan yang gagal antara Sony dan Nintendo, pada 1991.

Forbes menggambarkan konsol tersebut pada dasarnya adalah Super NES dengan drive CD-ROM.

Sementara itu, Valerie McLeckie dari Heritage Auctions, tempat konsol itu ditawarkan, mengatakan bahwa diyakini 199 prototipe lainnya dihancurkan ketika kesepakatan Sony-Nintendo gagal. Sony merilis PlayStation pertamanya pada 1994.

(jpnn/radarbandung.id)