Viral, Petugas Medis Corona di Tasikmalaya Pakai Jas Hujan

oleh -

RADARBANDUNG.id, BANDUNG- Foto petugas medis yang tengah mengenakan jas hujan saat menangani pasien virus Corona alias Covid-19 viral di media sosial.

Dalam foto, petugas yang diketahui merupakan tim medis RSUD Soekardjo, Kota Tasikmalaya tampak memindahkan tiga pasien suspect corona ke dalam ambulans saat akan dirujuk ke RSUD Gunung Jati, Cirebon.

Terkait ini, Kadinkes Kota Tasikmalaya, Uus Supangat mengakui kondisi tersebut.

Baca Juga: Iran Klaim Sudah Temukan Obat Virus Corona

Akibat minimnya bantuan Alat Pengaman Diri (APD) dari pemerintah Pusat, pihaknya terpaksa memborong hampir 100 jas hujan.

“Ya, kemarin memang itu yang dipakai petugas kita jas hujan biasa. Itu dipakai untuk mengantarkan Orang Dalam Pemantauan (ODP) Corona, yang dikirim ke Cirebon,” ujar Uus seperti dikutip radarbandung.id dari radartasikmalaya.com, Kamis (12/03/2020).

Uus menerangkan, jas hujan tersebut dibeli di salah satu supermarket di Kota Tasik. Harganya pun cukup terjangkau.

Tambah 7 Kasus, Pasien Positif Virus Corona di Indonesia Jadi 34 Orang

“Ya, kemarin hampir 100 pics kita beli. Karena kan sekali pakai. Penggunaan jas hujan itu memang efektif. Tapi secara SOP medis penggunaan jas hujan itu untuk dijadikan ADP tak boleh,” terangnya.

Kendati demikian, pihaknya terpaksa menggunakan jas hujan karena, kondisinya mendesak dan stok APD terbatas. Maka, pihaknya telah mengajukan kebutuhan APD ini ke pihak Dinkes Provinsi Jawa Barat.

“Saat ini ada tapi minim. Paling ada sekitar 10 pics APD. Itupun tersebar di beberapa rumah sakit di Tasik,” ucapnya.

Ia menambahkan, selain menggunakan jas hujan, sepatu bot pun yang dipakai tim itu sepatu bot biasa yang dipakai untuk ke kebun atau ke lokasi banjir.