Waspada Corona, Oded Minta Warga Bandung Kurangi Jalan-jalan

oleh -
Wali Kota Bandung, Oded M. Danial saat membacakan surat edaran hasil rapat tertutup Forkompinda Kota Bandung terkait pencegahan penyebaran virus corona di Pendopo, Sabtu (14/3/2020) malam Wib.

RADARBANDUNG.id, BANDUNG- Wali Kota Bandung menyatakan status waspada terhadap penyebaran virus Corona.

Hal tersebut dinyatakan Wali Kota Bandung Oded M.Danial usai menghadiri teleconference Gubernur Jabar dengan walikota/bupati se-Jabar.

“Saya menyatakan Kota Bandung waspada penyebaran virus Corona. Waspada yang disertai dengan aksi nyata,” ujar Oded kepada wartawan, Senin (16/3/2020).

Baca Juga: 7 Orang di Jabar Positif Terjangkit Virus Corona, 1 Meninggal Dunia

Aksi nyata yang dimaksud Oded adalah dengan pembentukan Tim Siaga Corona dan penambahan bed di tiga rumah sakit selain dua rumah sakit rujukan.

Seperti diketahui, rumah sakit rujukan untuk menangani kasus corona di Kota Bandung adalah di Rumah Sakit Hasan Sadikin dan RSUP Rotinsulu. Sekarang ditambah dengan dua bed di RSUD Ujungberung, RSKIA Kopo dan RS Salamun, masing-masing dua bed.

Ridwan Kamil Umumkan Siswa di Jabar Belajar di Rumah Selama 2 Pekan

“Jadi penambahan ada penambahan sebanyak enam bed. Kami berharap penambahan tidak harus digunakan. Artinya jangan sampai virus ini menyebar,” terang Oded.

Terkait masih adanya warga yang beraktifitas di luar rumah, Oded mengatakan, secara bertahap disosialisasi dan diedukasi agar tidak keluar rumah jika tidak dalam kondisi terdesak.

“Kalau untuk jalan-jalan dan main, lebih baik tidak usah ke luar rumah,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung, Rita Verita mengatakan ODP (Orang Dengan Pengawasan) di Kota Bandung menurun dari angka 40 orang, sekarang menjadi tiga orang. Mereka kini dipantau di rumah masing-masing