Tak Perlu Panic Buying, Pemprov Jabar Pastikan Stok Pangan Aman

oleh -
Sekretaris Daerah Jawa Barat, Setiawan Wangsaatmaja

RADARBANDUNG.id, BANDUNG- Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Barat (Jabar) Setiawan Wangsaatmaja mengimbau warga Jabar tidak panik dalam membeli pangan.

Sekda mengaku, stok pangan Jabar masih aman untuk saat ini.

“Pertama bahwa harus rasional. Jangan terpengaruh pangan kita akan kurang. Dari laporan, pangan kita sudah cukup memenuhi,” ungkapnya usai memimpin Rapat Kesiapan Kondisi Ketahanan Pangan Jabar di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (16/3/20).

Baca Juga: Ridwan Kamil dan Atalia Sudah Tes Corona, Hasilnya?

Mulai Besok, Disdukcapil KBB Stop Layanan Langsung, Dipersilakan Secara Online

Dalam rapat tersebut, kepala dinas dan sejumlah pihak terkait, seperti Bulog, melaporkan kondisi ketahanan pangan di Jabar.

Nah dari laporan itulah, pihaknya mengetahui komoditi apa saja yang stoknya aman dan yang perlu ditingkatkan.

Kata Oded, PNS Kota Bandung Sekarang Belum Perlu Nggak Ngantor

“Beras misalnya, saya pikir cukup aman dalam laporan. Tapi, saya ingin memastikan keberadaannya ada di mana. Kalau laporan Bulog tadi, (stok beras) ada di gudang Bulog yang tersebar di seluruh Jawa Barat,” bebernya.

“Beberapa komoditi yang kurang, ini harus bisa diantisipasi untuk memenuhi dalam jangka waktu, tidak hanya COVID-19 saja, karena disambung Idul Fitri,” tambahnya.

Selain itu, ia mengatakan, pihaknya akan membuat protokol jaminan ketahanan pangan. Dalam protokol tersebut, informasi stok pangan Jabar harus disebarkan kepada masyarakat.

“Jaminan ketahanan pangan untuk diinformasikan kepada masyarakat, agar masyarakat mengetahui (kondisi ketahanan pangan Jabar) dan tenang,” katanya.

(ca/radarbandung.id)