Jokowi: Sopir Taksi dan Ojol Tak Perlu Khawatir Bayar Cicilan Kredit

oleh -
Jokowi
Joko Widodo

RADARBANDUNG.id- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meminta para sopir taksi maupun pengemudi ojek online (ojol) tak mencemaskan cicilan kredit ke perbankan.

Sebab, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah memberikan relaksasi kredit perbankan maupun industri keuangan nonbank (IKNB), berupa penangguhan cicilan selama satu tahun serta penurunan bunga.

“Keluhan yang saya dengar juga dari tukang ojek, sopir taksi yang sedang memiliki kredit motor atau mobil atau nelayan yang sedang memiliki kredit, saya kira sampaikan ke mereka tidak perlu khawatir karena pembayaran bunga atau angsuran diberikan kelonggaran selama satu tahun,” ujarnya dalam rapat terbatas melalui teleconference, Selasa (24/3).

Baca Juga: Bos OJK Minta Leasing Stop Tagih Kredit Motor Macet Selama Setahun

Respons Leasing Saat OJK Minta Kredit ke Nasabah Diberi Keringanan

Jokowi membeberkan, sopir angkot, taksi, maupun ojol yang paling besar penurunan pendapatannya adalah mereka yang beroperasi di Sumatera Utara. Penurunan pendapatannya bisa mencapai 44 persen.

Dia pun meminta pemerintah daerah mengeluarkan kebijakan dengan memperhitungkan segala aspek. “Provinsi-provinsi juga telah bekerja dengan baik. Baik penyemprotan disinfektan, menyosialisaikan jarak aman,” lanjutnya.