Ridwan Kamil Minta Perantau Asal Jabar di Jakarta Jangan Pulkam Dulu

oleh -
Gubernur Jabar, Ridwan Kamil

RADARBANDUNG.id, BANDUNG- Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil mengimbau warganya yang tinggal maupun bekerja di DKI Jakarta untuk tidak dulu pulang kampung (pulkam), hingga situasi kondusif.

Ia beralasan itu perlu dilakukan guna mencegah penyebaran virus corona Covid-19. Apalagi, Pemprov Jabar akan melakukan rapid test, Rabu (25/3/2020).

Baca Juga: 3 Kepala Daerah di Jabar Positif Corona, Ridwan Kamil Imbau Semua yang Hadir di Acara Ini Ikut Rapid Test

“Saya imbau warga yang tinggal atau bekerja di Jakarta tidak mudik karena sumber pandemi di Indonesia mayoritas di Jakarta. Kalau Anda pulang sebelum rapid test dilaksanakan, maka Anda-anda berpotensi menjadi ODP (orang dalam pemantauan), sebab punya potensi dihitung data dari sebuah wilayah yang tingkat sebarannya (virus) banyak,” papar Ridwan Kamil di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Selasa (24/3/2020).

Baca Juga: Bupati Karawang Cellica, Kepala Daerah Ketiga di Jabar Positif Corona

Ia mencontohkan seperti yang terjadi di Kab Sumedang, dimana jumlah ODP yang semula hanya dua orang, saat ini sudah lebih dari 300 orang.

“Pak Bupati melaporkan ada 300 orang Sumedang itu yang tinggal bekerja di Jakarta tiba-tiba mudik. Jadi, saya imbau jangan mudik dulu, kita tetap tinggal di wilayah masing masing untuk menjaga penyebaran (virus),” ucapnya.

Ridwan Kamil meminta warga untuk bijak serta dapat mematuhi aturan pemerintah yang berusaha membuat situasi normal kembali.

(ca/bb/radarbandung.id)