Virtual Meeting 10 Klub, Desak Kepastian dari PSSI dan PT LIB

oleh -
PSSI
Kontestan Liga 1 2020 ketika launching sebelum musim dimulai. (Jawa Pos)

Untuk gaji pemain, Persiraja menegaskan akan tetap membayar asalkan PSSI ataupun LIB punya komitmen Liga 1 2020 tetap ada. Asalkan tidak melebihi waktu kontrak yang sudah ditetapkan. ’’Kami sudah berbicara dengan pemain dan ofisial mengenai situasi yang ada. Mereka paham dan akhirnya sepakat dengan keputusan kami,’’ katanya.

Nah, kepastian soal Liga 1 juga diharapkan Persebaya. Melalui manajernya, Candra Wahyudi, Persebaya menyatakan akan rugi dari sisi finansial klub jika tidak ada kepastian soal Liga 1. ’’Karena ini nanti hubungannya kan dengan masalah kontrak pemain, pelatih, dan lainnya,’’ ungkapnya.

Candra mengatakan, saat pengeluaran terus membengkak, pemasukan kian menipis. Selain dari sponsor, klub mendapat pemasukan dari penjualan tiket pertandingan.

Baca Juga: Persib Bandung Diliburkan, Robert Albert: Sampai Jumpa Lagi

Sepuluh klub Liga 1 melakukan virtual meeting. Mereka membahas soal ketidakjelasan kompetisi. Dari situ, dihasilkan empat kesepakatan. Berikut perinciannya.

Merujuk Surat BNPB No 13/2020, kemungkinan kompetisi bisa kickoff pada pekan pertama bulan Juni. Dengan begitu, klub yang sudah menandatangani kontrak bisnis dengan para pihak harus memastikan bahwa status gaji pemain, pelatih, dan ofisial tim dapat dibayar maksimal 25 persen sejak Maret sampai kickoff.

Apabila pemerintah menyatakan lockdown total/ bencana nasional, secara otomatis semua kontrak bisnis dengan para pihak batal demi hukum. Dengan begitu, klub dibebaskan dari kewajiban yang tertera dalam kontrak, termasuk dengan pemain, pelatih, dan ofisial tim serta sponsor.

Subsidi kepada klub seperti yang sudah ditetapkan sebelumnya tetap dibayarkan untuk bagian bulan Maret 2020.

PSSI melalui komite legal melakukan langkah-langkah konkret dengan menginisiatori keputusan yang dapat melindungi para pihak dari tuntutan atau gugatan para pihak yang dapat merugikan, khususnya klub.

(jpc)

Tentang Penulis: FES

Gambar Gravatar
Professional player, the news media team at Digital Radar Bandung, Jawa Pos group. ▪ Also part of the Team in Pojoksatu Bandung from Radar Bogor.