Cegah Penyebaran Covid-19 ke Daerah, 260 Ribu Tiket KA Dibatalkan

oleh -
KA Dibatalkan
IST

RADARBANDUNG.id – PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat, dari tanggal 23 Maret hingga hari ini Senin (30/3) pukul 11.00 WIB, sebanyak 264.719 tiket KA ke berbagai tujuan telah dibatalkan oleh penumpang. VP Public Relations KAI Yuskal Setiawan mengatakan, peningkatan tersebut terjadi sejak KAI memberlakukan kebijakan pengembalian 100 persen untuk pembatalan tiket KA.

“KAI melihat terjadi peningkatan jumlah pembatalan sebesar 12 kali lipat dibandingkan hari biasanya yang hanya berkisar di 3 ribu pembatalan tiket per hari,” ujarnya dalam siaran persnya, Senin (30/3).

Yuskal menjelaskan kebijakan pengembalian 100 persen tersebut berlaku sejak 23 Maret untuk perjalanan 23 Maret hingga 29 Mei 2020. Tujuannya untuk mendukung arahan pemerintah dalam mengurangi mobilitas masyarakat. Sejak dibuka 23 Maret, rata-rata pembatalan tiket per harinya mencapai 36 ribu tiket.

Baca Juga: Menegangkan, Kepala Dinas Terduga Kena Corona Diteriaki di Depan Rumah Sendiri

Berdasarkan metode pembatalan, 44 persen pembatalan dilakukan melalui aplikasi KAI Access dan sisanya secara manual di loket stasiun. Adapun stasiun yang paling banyak melakukan pembatalan adalah Stasiun Pasar Senen, dengan total pembatalan tiket sebanyak 18.137 tiket, disusul dengan Stasiun Gambir sebanyak 12.874 tiket, dan Stasiun Bekasi sebanyak 8.979 tiket.

Kereta-kereta yang banyak dibatalkan oleh penumpang adalah KA Bengawan (Pasar Senen – Purwosari pp), Brantas (Pasar Senen – Blitar pp), Matarmaja (Pasar Senen – Malang pp), Dharmawangsa (Pasar Senen – Surabaya Pasar Turi pp), dan KA Progo (Pasar Senen – Lempuyangan pp).

“Kami mengimbau penumpang memilih membatalkan tiket melalui aplikasi KAI Access karena lebih mudah dan tidak perlu ke luar rumah,” tuturnya.