Jumlah ODP Covid-19 di Kabupaten Subang Terus Bertambah

oleh -
Kasus Positif Covid-19
Ilustrasi pemeriksaan virus Corona. (JawaPos.com)

RADARBANDUNG.id, SUBANG – Jumlah Orang Dalam Pengawasan (ODP) Covid-19 di Kabupaten Subang terus bertambah. Masyarakat diminta lebih waspada.

Bupati Subang, H.Ruhimat mengatakan, kota-kota yang perlu diwaspadai adalah Jakarta, Bogor dan Karawang.

“Kota-kota rawan corona karena sudah ada warganya yang positif Covid-19, seperti Jakarta, Bogor dan Karawang,”  kata Kang Jimat, sapaan akrab Bupati Subang, Rabu (1/4).

Baca Juga: Dalam Dua Hari, Sembilan Titik di Cimahi Alami Longsor

Oleh karena dia memerintahkan kepada camat kepala desa serta petugas medis di puskesmas di wilayah Kabupaten Subang untuk lebih waspada terhadap kemungkinan bertambahnya jumlah orang dalam pengawasan (ODP).

“Khusnya bagi warga yang pulang ke kampung halamannya, yang berasal dari tiga kota tersebut, karena rentan terhadap penularan dari pasien positif Covid-19,” tuturnya.

Terkait masyarakat belum banyak yang memahami ODP dan PDP, Bupati meninta Puskesmas dan Kepala Desa terus melakukan edukasi supaya masyarakat tetap tenang namun waspada.

“Jadi sekali lagi diharapkan kepada masyarakat Subang agar tidak resah menyikapi situasi ini, yang perlu dilakukan adalah mewaspadai gejala Covid-19, jika ada gejala di sekitar kita segera berikan informasi dan Tim Relawan Covid-19 di desa dan akan segera melakukan tugasnya, hingga ke Tim Medis,” paparnya.

Baca Juga: Soal Haji 2020, Saudi Minta Umat Islam Sabar Menunggu

Ia mengimbau masyarakat agar tidak panik dengan meningkatnya ODP tetapi harus lebih waspada dan tetap dengan pola hidup bersih dan sehat.

“Sebaiknya beristirahat di rumah kalau tidak ada keperluan mendesak, tidak ke tempat tempat orang berkumpul, seperti warung kopi, restoran, dan tempat tempat umum lainnya,” pungkasnya.

(anr)