Wabah Covid-19 Mengintai, Angkutan Umum di KBB Bebas Melintas Tanpa Pemeriksaan

oleh -
dishub
TRANSPORTASI : Angkot menarik penumpang di Jalan Raya Cimindi, Kota Cimahi belum lama ini. (foto : TAOFIK ACHMAD HIDAYAT/RADAR BANDUNG)

RADARBANDUNG.id, NGAMPRAH – Dinas Perhubungan (Dishub) KBB belum melaksanakan pemeriksaan moda transportasi umum yang beroperasi dan melintasi Kabupaten Bandung Barat hingga saat ini. Padahal hal tersebut penting dilakukan guna mengantisipasi penyebaran virus Covid-19 semakin meluas.

Kadishub KBB, Ade Komarudin mengatakan, sejauh ini belum terjadi peningkatan arus mudik ke Kabupaten Bandung Barat, walaupun di beberapa wilayah di Indonesia lalu lintas manusia cenderung meningkat.

“Penanganan COVID-19, program pertama, imbauan dari mulai wilayah Kecamatan Gununghalu sampai Kecamatan Lembang. Supaya paling tidak menjaga jarak (social distancing),” katanya saat ditemui Radar Bandung, Jumat (3/4).

Ade menyebut, terminal yang ada di wilayahnya bersifat lintasan. Pasalnya, terminal tetap, belum dimiliki oleh Kabupaten Bandung Barat hingga saat ini.

“Kalau di Lembang (terminal) belum beroperasi, paling sudah Covid-19 ini selesai,”katanya.

Ade mengaku, kendati penyebaran Covid-19 riskan ditularkan oleh masyarakat yang baru pulang dari luar kota. Namun pihaknya belum berencana untuk melakukan pemeriksaan terhadap kendaraan angkutan massal yang melintas.

“Saya kira untuk di wilayah Bandung Barat belum, tidak seperti Kota Bandung. Mungkin ke depan akan seperti itu,”katanya.

Namun demikian, pihaknya akan menunggu instruksi selanjutnya terkait langkah dan upaya yang akan dilaksanakan oleh Dishub.

“Sementara antisipasi ini tidak ada, sementara jalan seperti biasa.Saya kira penurunan penumpang dari luar kurang lebih penurunan 40%, tidak seperti hari-hari biasa,”pungkasnya.

(kro)