Catat! Mulai Hari Ini, Pemerintah RI Wajibkan Keluar Rumah Gunakan Masker

oleh -
Ilustrasi

RADARBANDUNG.id – Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Achmad Yurianto menyerukan kepada seluruh masyarakat, mulai hari ini untuk gunakan masker saat terpaksa beraktivitas di luar rumah.

Merujuk rekomendasi WHO, penggunaan masker dalam aktivitas di luar rumah merupakan keharusan.

“Mulai hari ini, sesuai rekomendasi dari WHO kita jalankan masker untuk semua. Semua harus memakai masker ketika berkegiatan di luar,” ujar Yuri dalam jumpa pers Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 di Graha BNPB di Jakarta, Minggu (5/4/2020).

Baca Juga: Miris, Jenazah PDP di KBB Ditolak Warga, Diantar ke Pemakaman Lewat Sawah

‚ÄúSaling mengingatkan kalau ada yang tidak pakai masker, menunda kepentingan di luar rumah, rencana bepergian dan berkomunikasi sosial menggunakan jaringan telekomunikasi yang kita miliki,” tuturnya.

Pejabat berlatar belakang dokter militer itu juga terus mengingatkan masyarakat berdisiplin dalam menerapkan jaga jarak sosial (physical social distancing) dan menjaga kebersihan tubuh.

Baca Juga: VIRAL! Video 2 Anak Kecil Ikut ke RSUD Cililin KBB setelah Kedua Orangtuanya Positif Corona

“Kami yakin bahwa kita bisa mengendalikan, memberantas penyakit ini, dan bersama-sama menyelesaikan permasalahan COVID-19,” kata Yuri.

Sementara itu, Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito menganjurkan masyarakat menggunakan masker kain tiga lapis untuk menangkal penularan virus corona.

Baca Juga: Bupati KBB Aa Umbara Menangis Gegara Masjid Sepi

“Tiga lapis dalam masker akan meningkatkan efektivitas masker dalam menangkal virus,” ujar Wiku.

Ia mengungkapkan, sesuai hasil penelitian masker kain dapat menangkal virus sampai 70 persen.

“Masyarakat dapat membuat masker dari kain, bisa dengan cara dijahit secara manual atau menggunakan mesin,” ujar dia yang menjelaskan pembuatan dan model kain untuk masker hendaknya disesuaikan dengan bentuk wajah penggunanya.

Baca Juga: Pengin Cepat Dapat Listrik Gratis dan Diskon? Cek di Sini Caranya

Selain itu, sebelum menggunakan masker kain masyarakat harus memastikan tangan untuk memasangnya bersih, masker menutupi hidung hingga dagu serta tidak longgar.

Wiku mengatakan, penularan COVID-19 melalui droplet yang masuk ke dalam tiga pintu utama yaitu mata, hidung, dan mulut yang di bawa oleh jari.

Dia menganjurkan masker kain sebaiknya diganti, dicuci dengan sabun secara rutin apabila mulai basah terkena cairan hidung dan mulut.

Ia berharap, masyarakat tetap jaga jarak saat berada di keramaian minimal satu sampai dua meter, dan apabila tidak memiliki kegiatan penting di luar sebaiknya tetap tinggal di rumah.

(ant/jpnn/radarbandung.id)