RADARBANDUNG.id – Tanggap COVID-19, Trafik Jaringan dan Layanan Komunikasi Berbasis Broadband Pelanggan Telkomsel Meningkat 16%.
Telkomsel secara berkala melakukan pemantauan atas perkembangan situasi terkini terkait pandemi COVID-19 di Indonesia.
Hal itu, merupakan bentuk komitmen Telkomsel sebagai connectivity enabler untuk senantiasa menyediakan layanan berkualitas dan prima guna menjamin kenyamanan berkomunikasi pelanggan.
Sejak masyarakat dan pelaku industri mulai menjalankan imbauan Pemerintah RI untuk beraktifitas dari rumah, hingga kini Telkomsel mencatat lonjakan trafik komunikasi khususnya layanan broadband tertinggi mencapai 16%.
Baca Juga: Penting! Telkomsel Bebaskan 130 Perguruan Tinggi Akses Data E-Learning
Direktur Utama Telkomsel, Setyanto Hantoro mengatakan, lonjakan trafik komunikasi berbasis broadband secara keseluruhan tersebut juga didominasi oleh tumbuhnya pengguna aplikasi belajar berbasis daring (e-learning) seperti Ruang Guru, aplikasi yang tergabung dalam Paket Ilmupedia, situs e-learning Kampus dan Google Classroom, yang meningkat lebih dari 5404%.
“Hal tersebut juga didorong dari bertambahnya pelanggan yang memanfaatkan kemudahan akses e-learning melalui paket bebas kuota hingga 30GB yang dihadirkan Telkomsel seperti aplikasi RuangGuru dan aplikasi Paket Ilmupedia (Zenius, Bahaso, Cakap, Sekolahmu, Rumah Belajar, Quipper dan ratusan situs e-learning kampus),” katanya, Selasa (7/4/2020).
Baca Juga: Efek Corona, Pendapatan Negara Anjlok, THR dan Gaji ke-13 PNS Terancam Tak Cair
Selain itu, terjadi peningkatan pengguna layanan aplikasi penunjang layanan bekerja/meeting conference secara daring seperti Zoom, Microsoft Teams dan CloudX Telkomsel sebesar lebih dari 443%.
Sebelumnya, sebagai bentuk dukungan untuk segmen pelanggan korporasi yang ingin terus produktif dalam menjalankan pekerjaan dari rumah, Telkomsel telah menghadirkan kemudahan proses bekerja secara daring melalui paket bebas kuota data hingga 60GB untuk akses aplikasi CloudX Telkomsel yang merupakan solusi bisnis korporasi dalam bentuk layanan komunikasi berbasis cloud untuk chatting dan meeting yang dapat diakses melalui tablet, handphone dan desktop.
Baca Juga: EDARAN MENAG: Salat Id Ditiadakan, Tarawih di Rumah, Bukber juga Dilarang
Sejak itu diluncurkan pertama kali pada bulan Januari 2020, jumlah perusahaan yang menggunakan aplikasi CloudX Telkomsel tumbuh sebesar 2100%.
Menurutnya, Telkomsel mencatat pergerakan trafik komunikasi layanan media sosial cenderung stabil. Namun untuk trafik layanan komunikasi pesan instan (melalui Whatsapp, Line, dan Telegram) tumbuh sebesar 40%, dan Games Online meningkat sebesar 34%.
Baca Juga: Ulama Saudi: Istri Berhak ‘Tendang’ Suami dari Ranjang Jika Khawatir Tertular Virus Corona
Melonjaknya trafik payload games online juga diikuti dengan tumbuhnya pengguna aktif game portal & media platform milik Telkomsel, Dunia Games sebesar 56% dibandingkan periode yang sama bulan sebelumnya.
“Untuk layanan hiburan seperti streaming video seperti melalui Youtube dan MAXstream, terjadi lonjakan trafik payload sebesar 17%.
Baca Juga: Viral, Ibu Hamil PDP COVID-19 Sempat Curhat Live Facebook Sebelum Meninggal
Lonjakan tersebut juga didukung dengan tumbuhnya jumlah pengguna layanan streaming video on demand MAXstream sebesar 18% dibandingkan bulan sebelumnya. Untuk mengantisipasi tingginya minat pelanggan dalam mengakses layanan MAXstream, Telkomsel telah menyediakan paket MAXstream Gala Plus, yang memungkinkan pelanggan dalam menikmati kuota besar untuk menonton berbagai konten di MAXstream,” tuturnya.
Dalam memastikan kualitas jaringan yang prima di wilayah residensial, Rumah Sakit Rujukan dan Rumah Sakit Darurat COVID-19, Telkomsel juga telah melakukan antisipasi dengan mengoptimalkan fungsi seluruh spektrum besar yang dimiliki, yakni frekuensi 900, 1800, 2100, dan 2300 Mhz, yang sudah tersedia di seluruh BTS yang menjangkau kawasan tersebut.
Baca Juga: Catat! Mulai Hari Ini, Pemerintah RI Wajibkan Keluar Rumah Gunakan Masker
Sebagai komitmen hadir berdampingan dengan Pemerintah RI, Telkomsel bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika RI serta Satuan Gugus Tugas COVID-19, turut membantu dengan penyediaan layanan broadcast SMS untuk penyebaran informasi terkini yang berkaitan dengan himbauan serta edukasi guna meningkatkan pengetahuan dan kesadaraan masyarakat dalam memutus rantai penyebaran virus COVID-19 di Indonesia.
“Seluruh upaya tersebut merupakan bentuk nyata komitmen Telkomsel untuk bergotong royong bersama seluruh pemangku kepentingan dan mitra strategis lainnya dalam memberikan layanan terdepan untuk masyarakat Indonesia. Kolaborasi tersebut juga diperkuat melalui gerakan program #DiRumahTerusMaju yang menawarkan kemudahan dan kenyamanan bagi masyarakat khususnya pelanggan setia Telkomsel dalam menghadapi masa penuh tantangan ini. Telkomsel percaya, bersama kita akan lebih kuat dalam menjaga Indonesia,” pungkasnya.
(azm/radarbandung.id)