Di Tengah Pandemi Covid-19, Produksi Pertanian Tidak Boleh Mati

oleh -
Pandemi Covid-19 Pertanian
ILUSTRASI : Pedagang sayur merapikan sayur mayur yang dijualnya kepada pelanggan. (Fikriya Zulfah/Radar Bandung)

RADARBANDUNG.id, SOREANG – Sektor pertanian harus menjadi perhatian pemerintah sehingga sektor pertanian bisa terus berproduksi di tengah pandemi virus corona (Covid-19). Dengan demikian, kebutuhan pangan masyarakat bisa terus terpenuhi.

Anggota Komisi B DPRD Kabupaten Bandung, Dasep Kurnia Gunarudin,  menekankan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Bandung tentang pentingnya sektor pertanian, di momen seperti ini. Harus ada langkah konkret supaya harga di sektor pertanian tetap aman.

Kemudian, pemerintah juga harus memliki langkah agar hasil dari sektor pertanian yang melimpah bisa lebih bermanfaat di situasi pandemi Virus Corona. “Bisa saja pemerintah membeli hasil pertanian itu, kemudian membagikannya kepada masyarakat yang membutuhkan,” ucap Dasep saat dihubungi via telepon, Selasa (7/4).

Baca Juga: Gegara Corona, Pajak Kota Bandung Triwulan II Diprediksi Anjlok Hingga 82 Persen

Pemerintah harus bisa menampung hasil produksi pertanian agar sektor pertanian tetap bergairah. Jika program tersebut bisa dilaksanakan maka para petani akan terus berkreasi sehingga kebutuhan pangan masyarakat ditengah pandemi Virus Corona bisa dipenuhi dengan baik.

Mayoritas petani di Kabupaten Bandung bergerak di sektor sayur mayur yang pengelolaannya membutuhkan tenaga ekstra. Namun, ketidakpastian ekonomi membuat mereka sulit berkembang. Tak sedikit petani merugi hingga berujung menganggur.

“Yang paling saya khawatirkan adalah mereka yang masuk dalam kategori buruh tani. Dengan demikian, Dinas Pertanian Kabupaten Bandung  harus memiliki data buruh tani atau petani kecil yang terpaksa menganggur. Yang selanjutnya, bisa diberikan bantuan untuk menopang kehidupannya,” tutur Dasep.

“Intinya sektor pertanian jangan sampai mati, apalagi dengan adanya pandemi Virus Corona,” pungkasnya.

(fik/b)

Tentang Penulis: FES

Gambar Gravatar
Professional player, the news media team at Digital Radar Bandung, Jawa Pos group. ▪ Also part of the Team in Pojoksatu Bandung from Radar Bogor.