2 Tenaga Medis Asal Subang Positif COVID-19

oleh -
Konferensi pers Covid-19, Senin (13/4/2020) sore di Aula Kantor Bupati Subang.

RADARBANDUNG.id, SUBANG- Dua tenaga medis asal Subang positif terpapar virus Covid-19, berdasarkan hasil swab test.

Kepala Dinas Kesehatan Kab. Subang, Nunung Suhaeri mengatakan, ke dua tenaga medis yang terkonfirmasi positif Covid-19 itu, merupakan tenaga medis yang bekerja di daerah zona merah.

“Saat ini ada dua tenaga medis asal Subang yang positif corona RSHS Bandung dan di fasilitas kesehatan di Purwakarta,” ujar Nunung didampingi Sekda Subang Aminudin dalam konferensi pers terbatasnya, Senin (13/4/2020) sore di Aula Kantor Bupati Subang.

Baca Juga: Sederet Artis hingga Sandiaga Uno Semangati Petugas Medis Lewat Single ‘Semua Pasti Berlalu’

Nunung mengatakan, dengan adanya dua pasien positif ini, maka di Subang saat ini tercatat ada tiga orang yang terkonfirmasi positif virus corona atau covid-19.

“Perlu diketahui, kedua tenaga medis ini tidak mengikuti rapid tes di Subang (RSUD Subang). Rapid tes dan tes swab dilakukan di luar daerah Subang, tempat mereka bekerja,” terang Nunung.

Baca Juga: Tenaga Medis Jabar yang Tangani Pasien Covid-19 akan Dapat Insentif

Terkait riwayat perjalanan dua warga Subang ini, pihaknya akan mengecek kerabat pasien yang terinfeksi Covid-19. Dengan demikian, virus bisa terputus penyebarannya.

“Sekarang kita bergerak mengecek dan melakukan penelusuran kepada keluarga, saudara, tetangganya yang telah melakukan kontak langsung dengan keduanya,” ucapnya.

Baca Juga: Sepenggal Kisah Pilu Tenaga Medis Ketika Dikunjungi Ridwan Kamil

Nunung menyampaikan, jumlah orang dalam pemantauan (ODP) yang positif hasil rapid tes bertambah dua orang.

” Ya, awalnya ada 13 orang, kini menjadi 15 orang, keduanya berjenis kelamin laki laki terkonfirmasi saat rpid tes susulan. Dan hari ini kita lakukan tes swab di ruang isolasi RSUD Subang ke 14 positif hasil rapid tes, satu orang tak mengikuti karena memilih mengisolasi diri di luar daerah subang,” ungkapnya.

“Untuk data terakhir, positif corona di Subang berjumlah 3 orang,  ODP dari 4.349 saat ini tinggal 1.536, dan PDP 2 Orang,” tutup Nunung.

(anr)