KAI Batalkan Seluruh Perjalanan Kereta Jarak Jauh Jakarta-Bandung
RADARBANDUNG.id- PT Kereta Api Indonesia memutuskan untuk membatalkan seluruh perjalanan Kereta Api Jarak Jauh dari dan menuju Jakarta dan Bandung mulai, Jumat 24 April 2020.
VP Public Relations KAI Joni Martinus mengungkapkan, pembatalan tersebut dilakukan untuk menindaklanjuti keputusan pemerintah atas larangan Mudik Lebaran 2020.
Baca Juga: Kangen Sajian Restoran Kereta Api? Pesan Aja Melalui Aplikasi Lokomart, Masih Ada Promo
Joni menjelaskan, pada 21 April 2020, KAI kembali membatalkan 14 perjalanan KA Jarak Jauh dari dan menuju Daop 1 Jakarta dan Daop 2 Bandung dengan berbagai tujuan untuk perjalanan mulai 23 dan 24 April 2020.
Dengan begitu, mulai 24 April 2020, KAI tidak lagi mengoperasikan kereta api jarak jauh dari Jakarta dan Bandung menuju kota-kota di wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur.
Baca Juga: Kemenhub Keluarkan Aturan Ini buat Kamu yang Sering Naik Kereta Api
“Total sejak 23 Maret 2020, KAI telah membatalkan sebanyak 401 perjalanan KA, dengan rincian 213 KA Jarak Jauh dan 188 KA Lokal,” jelas Joni.
Joni melanjutkan, penumpang yang KA-nya batal berangkat akan dikembalikan bea tiketnya 100 persen. Dimana penumpang akan dihubungi melalui Contact Center 121 dan dipersilakan untuk mengikuti petunjuk selanjutnya.
Lalu bagaimana jika belum dihubungi?
“Jika belum dihubungi, penumpang juga bisa membatalkan tiketnya sendiri melalui aplikasi KAI Access dan loket stasiun,” jawab Joni.
Baca Juga: PSBB, PT KAI Daop 2 Bandung Sediakan Rail Express Angkutan Barang Station to Station
Pembatalan melalui aplikasi bisa dilakukan hingga maksimal 3 jam sebelum jadwal keberangkatan dan uang akan ditransfer paling lambat 45 hari kemudian.
Adapun untuk pembatalan di loket stasiun bisa dilakukan di semua stasiun keberangkatan KA Jarak Jauh dan Lokal hingga maksimal 30 hari setelah jadwal keberangkatan dengan menunjukkan kode booking, dan uang akan langsung diganti secara tunai.
Baca Juga: PT KAI Daop II Bandung Pangkas Jarak 4 Perjalanan Kereta
Penumpang dapat menghubungi Contact Center KAI 121 melalui telepon di 021-121, email cs@kai.id, atau media sosial @kai121 untuk mendapatkan informasi lebih lanjut terkait perjalanannya.
Joni menambahkan, kebijakan pembatalan perjalanan KA ini akan terus dievaluasi dengan mempertimbangkan perkembangan situasi di lapangan.
“KAI memohon maaf bagi para penumpang yang perjalanannya tertunda akibat pembatalan perjalanan ini. Hal ini bertujuan untuk menghentikan penyebaran Covid-19 pada saat mudik Lebaran 2020,” tandas Joni.
(chi/jpnn)