KAI Batalkan 62 Perjalanan Kereta dari Bandung dalam Sebulan Terakhir
RADARBANDUNG.id, BANDUNG- PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 2 Bandung membatalkan seluruh perjalanan Kereta Api Jarak Jauh mulai 23 April lalu.
Baca Juga: KAI Batalkan Seluruh Perjalanan Kereta Jarak Jauh Jakarta-Bandung
Dalam sebulan terakhir, pembatalan telah tercatat sebanyak 62 perjalanan KA, dengan rincian 36 KA Jarak Jauh dan 26 KA Lokal.
“Total sejak 23 Maret, Daop 2 telah membatalkan sebanyak 62 perjalanan KA, dengan rincian 36 KA Jarak Jauh dan 26 KA Lokal,” ujar Manajer Humas PT KAI Daop 2 Bandung, Noxy Citrea, melalui keterangan tertulis yang diterima Radar Bandung.id, Senin (27/4/2020).
Baca Juga: Kangen Sajian Restoran Kereta Api? Pesan Aja Melalui Aplikasi Lokomart, Masih Ada Promo
Noxy menjelaskan, mulai 23 April, Daop 2 kembali membatalkan 3 perjalanan KA Jarak Jauh yang masih beroperasi.
Dengan demikian mulai 23 April 2020, Daop 2 tidak lagi mengoperasikan kereta api jarak jauh dari Bandung menuju Jakarta, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur.
Pembatalan seluruh perjalanan KA Jarak Jauh, sambung Noxy, dilakukan guna menindaklanjuti keputusan pemerintah atas larangan Mudik Lebaran 2020 untuk seluruh masyarakat.
“Kebijakan ini untuk mendukung arahan Presiden RI Joko Widodo pada Rapat Terbatas di Istana Presiden, Selasa (21/4), yang melarang Mudik Lebaran 2020 untuk masyarakat,” kata Noxy.
Baca Juga: Kemenhub Keluarkan Aturan Ini buat Kamu yang Sering Naik Kereta Api
Noxy melanjutkan, penumpang yang batal berangkat akan dikembalikan bea tiketnya 100 persen.
Penumpang akan dihubungi melalui Contact Center 121 dan dipersilakan untuk mengikuti petunjuk selanjutnya.
Jika belum dihubungi, penumpang juga bisa membatalkan tiketnya secara mandiri melalui aplikasi KAI Access dan loket stasiun.
Baca Juga: PSBB, PT KAI Daop 2 Bandung Sediakan Rail Express Angkutan Barang Station to Station
Pembatalan melalui aplikasi dapat dilakukan hingga maksimal 3 jam sebelum jadwal keberangkatan dan uang akan ditransfer paling lambat 45 hari kemudian.
Adapun, pembatalab dapat pula dilakukan di semua stasiun keberangkatan KA Jarak Jauh dan Lokal hingga maksimal 30 hari setelah jadwal keberangkatan dengan menunjukkan kode booking. Uang akan langsung diganti secara tunai.
Untuk informasi lebih lanjut mengenai pembatalan ataupun terkait perjalanan, penumpang dapat langsung menghubungi Contact Center KAI 121 melalui telepon di 021-121, atau email dengan alamat cs@kai.id, serta akun media sosial resmi KAI yakni @kai121.
(muh)