Kalori 1 Mangkuk Kolak Lebih dari Sepiring Nasi

oleh -

Kalori 1 Mangkuk Kolak Lebih dari Sepiring Nasi

RADARBANDUNG.id- Kolak merupakan menu yang menjadi tradisi selama bulan puasa Ramadan.

Sebab salah satu kebiasaan saat berbuka puasa adalah dengan asupan yang manis. Dan kolak yang penuh santan dan karbohidrat, menjadi pilihan yang umum.

Ketika menyantap kolak, sebenarnya sebaiknya berapa banyak. Sebab usai makan kolak, pasti seseorang masih harus makan porsi lengkap setelah beribadah salat Magrib.

Berdasar itu, ahli gizi dari Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof Hardinsyah menyarankan konsumsi kolak sebaiknya jangan terlalu banyak. Sebaiknya hidangkan kolak di mangkuk kecil atau gelas, atau setengah dari mangkok penuh.

“Kolak sifatnya untuk berbuka puasa memberikan asupan energi, memulihkannya lagi dengan yang manis. Sebaiknya setengah mangkuk saja atau porsi kecil,” kata Prof Hardinsyah kepada JawaPos.com baru-baru ini.

Sebab 1 mangkuk kolak penuh kalorinya mencapai 350 kkal. Maka disarankan hanya menyantap setengah saja, atau sekitar 180 kkal.

Seperti dalam laman Fat Secret disebutkan, kalori 1 piring nasi putih saja hanya 105 kkal. Artinya jika makan kolak ukuran besar ditambah lagi nasi putih dan lauk pauk, akan menyebabkan kelebihan kalori. Akibatnya bisa berdampak pada gula darah dan kelebihan berat badan.

Dan sebaiknya, kata dia, dalam satu porsi kolak sebaiknya ada beberapa jenis karbohidrat. Misalnya ada pisang, umbi jalar, atau umbi putih. “Sehingga lebih bervariasi, tak hanya 2 warna atau 1 macam,” paparnya.

(jpc)