PSBB Provinsi, Ridwan Kamil: Jabar Siapkan Dana Rp10,8 Triliun

oleh -
Besok, Ridwan Kamil Jalani Proses Uji Klinis Vaksin COVID-19
Gubernur Jabar Ridwan Kamil

PSBB Provinsi, Ridwan Kamil: Jabar Siapkan Dana Rp10,8 Triliun

RADARBANDUNG.id, BANDUNG- Gubernur Jabar, Ridwan Kamil sudah menyiapkan anggaran dengan totalnya mencapai Rp 10,8 triliun terkait kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tingkat Provinsi.

Baca Juga: Direstui Menkes, PSBB Provinsi Jabar Berlaku Mulai 6 Mei 2020

Anggaran sebesar itu merupakan dana gabungan Pemprov Jabar bersama Pemda kabupaten dan kota yang akan menerapkan PSBB. Semua penggunaannya akan dikoordinasikan agar tepat sasaran.

“Kami (dengan pemda kabupaten/kota) akan memulai koordinasi, kita sudah siap anggaran untuk darurat kesehatan maupun PSBB, termasuk bantuan sosial, total gabungan dana dari provinsi dan dana kota kabupaten adalah Rp 10,8 triliun rupiah,” beber Ridwan Kamil dalam keterangan resminya terkait PSBB tingkat Provinsi di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Sabtu (2/5/2020).

Baca Juga: Ini Alasan Mengapa Ridwan Kamil Terapkan PSBB Tingkat Jabar

“Rp 10,8 triliun rupiah ini akan dipergunakan membeli peralatan- peralatan darurat kesehatan dan bantuan sosial. Kami sampaikan juga protokol dari WHO sudah dilaksanakan terkait perluasan pemakaman,” tambahnya.

Baca Juga: Pesan Ridwan Kamil untuk Kalangan Millenial: Hayuk Kita Repot Sama- sama di PSBB Jabar

Namun demikian, ia mengklaim belum ada peningkatan seputar angka pemakaman di Jabar selama pandemi Covid-19.

“Sebagai sampel, salah satu pusat pandemi di Bandung Raya pemakaman tahun lalu jumlahnya dengan tahun sekarang hampir tidak ada bedanya. Artinya tidak ada potensi orang dimakamkan dengan gejala-gejala yang mirip Covid, semua sama seperti tahun-tahun sebelumnya,” tukasnya.

Sebagaimana diketahui, PSBB tingkat Provinsi Jawa Barat telah disetujui oleh Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, kemarin dan akan berlaku mulai Rabu (6/5/2020) hingga 19 Mei 2020.

(ysf)