Total Ada 37 Makam di TPU Cikutra yang Rusak Tergerus Longsor

oleh -
Longsor di TPU Cikutra, Kota Bandung (TAOFIK ACHMAD HIDAYAT/RADAR BANDUNG)

Total Ada 37 Makam di TPU Cikutra yang Rusak Tergerus Longsor

RADARBANDUNG.id, BANDUNG- Sebanyak 37 makam terdampak peristiwa longsor yang terjadi di TPU Cikutra, Kelurahan Neglasari, Cibeunying Kaler, Kota Bandung.

Baca Juga: Horor! TPU Cikutra Longsor, Ada Jenazah yang Hanyut Terbawa Aliran Sungai 

Jumlah tersebut dipastikan usai pendataan dilakukan petugas UTP wilayah 3  Dinas Penataan Ruang Kota Bandung bersama aparat kewilayahan.

Ke-37 makam tersebut di antaranya ada yang tertimbun longsor dan yang lainnya tergerus aliran sungai serta belasan makam terancam hanyut tergerus.

Baca Juga: TPU Cikutra Longsor, Banyak Jenazah Hilang

“Beberapa jenazah sudah dievakuasi ya, termasuk yang hanyut. Cuma ya (jenazahnya) jadi tidak berindentitas,” ungkap Camat Cibeunying Kaler, Suardi, Sabtu (2/5/2020).

Suardi mengutarakan, penyebab longsor dipicu hujan deras yang mengguyur Bandung Jumat (1/5/2020) malam. Sementara, dinding kirmir di kawasan makam yang sudah rapuh tergerus aliran sungai anak Cidurian.

Baca Juga: Viral Ramalan KH Zainuddin MZ Belasan Tahun Lalu soal Akan Datang Penyakit Wahan yang Mematikan

“Makam yang terkena dampak berada di blok E dan F. Untuk jenazah yang sudah dievakuasi kita makamkan di blok G seluruhnya ya,” terangnya.

Sebelumnya, Suardi mengatakan, sempat juga terjadi longsor sekitar dua pekan lalu, sekitar sepekan menjelang puasa. Tapi tidak ada makam yang rusak. “Sempat ada longsor juga sebelumnya, hanya ini yang besar,” tandasnya.

(ysf)