1.062.446 Warga AS Positif Corona, 62 Ribu Lebih Pasien Meninggal

oleh -
Dokter berjuang mati-matian menyembuhkan pasien terinfeksi virus corona. Foto AFP via Getty Images.

1.062.446 Warga AS Positif Corona, 62 Ribu Lebih Pasien Meninggal

RADARBANDUNG.id- Memprihatinkan! kasus penyebaran virus corona di Amerika Serikat (AS). Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) pada hari Jumat melaporkan 1.062.446 kasus positif Covid-19.

Jumlah ini meningkat 30.787 kasus dari jumlah sebelumnya. CDC juga mengatakan jumlah kematian telah meningkat sebesar 2.349 menjadi 62.406.

Baca Juga: Donald Trump Punya Bukti Virus Corona Berasal dari Lab Wuhan

Sebelumnya, Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengaku yakin bahwa virus Corona mungkin berasal dari sebuah laboratorium virologi Tiongkok. Namun, ia menolak memaparkan alasan serta bukti-buktinya.

Pernyataan Trump itu meningkatkan ketegangan dengan Beijing mengenai asal mula virus mematikan tersebut.

Baca Juga: Benarkah Virus Corona Dibuat Disebuah Lab di Wuhan?

Trump tidak berbasa-basi saat konferensi pers di Gedung Putih pada Kamis (30/4/2020) dua hari lalu ketika ia ditanya apakah ia sudah melihat bukti yang membuatnya sangat yakin virus itu berasal dari Institut Virologi Wuhan.

“Ya, ya, sudah,” kata Trump, tanpa memberikan penjelasan.

“Saya tidak bisa mengatakannya kepada Anda. Saya tidak diperbolehkan memberi tahu Anda soal itu,” lanjutnya lagi.

Institut Virologi Wuhan, yang mendapat dukungan pemerintah Tiongkok, membantah tuduhan tersebut dan pejabat AS lainnya meremehkan dugaan tersebut.

Baca Juga: 76 Hari Lockdown, Wuhan Akhirnya Izinkan 55 Ribu Warganya Keluar Kota

Banyak ahli yakin virus tersebut bersumber dari sebuah pasar satwa liar di Wuhan dan menular dari hewan ke manusia.

Sementara di Wuhan sendiri, pemerintah setempat telah mengumumkan tidak ada lagi pasien Covid-19 di kota tersebut. (Baca Juga: Wuhan Nol Laporan Kasus Virus Corona, WHO: Salut!)

Virus corona muncul pertama kali di Wuhan pada Desember tahun lalu. Pada puncaknya, wabah virus corona menjangkiti lebih dari 60 ribu orang di ibu kota Provinsi Hubei tersebut.

WHO pun menyambut baik kabar tidak ada lagi kasus virus Corona di Wuhan ini. Organisasi di bawah naungan PBB itu memuji upaya tak kenal lelah kota di Tiongkok dalam melawan wabah.

(jpc)