KAI akan Terapkan Protokol The New Normal Mulai 25 Mei

oleh -
Ilustrasi (foto: (Hendra Eka/Jawa Pos)

KAI akan Terapkan Protokol The New Normal Mulai 25 Mei

RADARBANDUNG.id, BANDUNG- PT Kereta Api Indonesia (KAI) tengah menyiapkan protokol “The New Normal”.

Hal tersebut merupakan tindak lanjut dari arahan Menteri BUMN Nomor S-336/MBU/05/2020 pada 15 Mei 2020.

Baca Juga: Hati-hati Belanja Persiapan Lebaran! Epidemiolog Unpad Ingatkan Bahaya Penyebaran COVID-19

“Saat ini kami sedang mempersiapkan protokol untuk mengantisipasi skenario penerapan The New Normal di KAI,” ujar Direktur Utama PT KAI, Didiek Hartantyo, dalam keterangan tertulis yang diterima radarbandung.id, Minggu (17/5/2020).

Protokol tersebut akan mengatur langkah-langkah serta tahapan yang akan diterapkan di wilayah kerja KAI yang akan diterapkan mulai 25 Mei mendatang.

Baca Juga: Jabar Tak Ada Zona Hijau Corona, Ridwan Kamil Minta Warga Berlebaran di Rumah

Didiek mengatakan, protokol itu di antaranya pengaturan bagi berusia dibawah 45 tahun untuk kembali mulai bekerja dengan memperhatikan aturan pembatasan di masing-masing wilayah kerjanya, serta tentang pengaturan pelayanan pada pelanggan.

“Meskipun sebagian karyawan yang berusia diatas 45 tahun masih WFH (work from home), termasuk pembagian WFO (work from orrcie) secara bergantian dan disiplin phisycal distancing, kami tetap berkomitmen menjaga produktivitas seluruh pekerja KAI,” urai Didiek.

Didiek juga menyampaikan, hingga saat ini KAI fokus pada layanan Kereta Api Luar Biasa (KLB) di Jawa, KA Lokal, KRL dan KA Angkutan Barang.

Baca Juga: Duh! Grafik Covid-19 di Bandung Naik Lagi, Yana Mulyana: Jangan Ada Pelonggaran Dulu

Dalam pengoperasiannya, KAI tetap menjalankan protokol pencegahan Covid-19 yang diawasi Satgas yang telah terbentuk sejak Maret lalu.

Khusus untuk layanan KA Penumpang, KAI akan tetap mengikuti perkembangan sesuai dengan aturan yang diterbitkan Kementerian Perhubungan selaku regulator perkeretaapian.

Untuk terus bisa mendapatkan info terbaru pelayanan kereta api, masyarakat dapat menghubungi Contact Center KAI melalui telepon di 021-121, email di cs@kai.id, dan sosial media KAI 121.

“Dalam masa pandemi seperti ini, KAI berkomitmen bahwa BUMN sebagai salah satu penggerak perekonomian bangsa harus tetap berjalan dengan tetap menjalankan protokol pencegahan Covid-19,” pungkasnya.

(muh/radarbandung.id)