Pedagang Pasar di Kabupaten Bandung Jalani Tes Covid-19

oleh -
Masyarakat yang berada di kawasan Pasar Balendah menjalani Rapid Tes. (Fikriya Zulfah/Radar Bandung)

Pedagang Pasar di Kabupaten Bandung Jalani Tes Covid-19

RADARBANDUNG.id, BALEENDAH- Pemkab Bandung menggelar tes untuk mengetahui penyebaran Covid-19 di lingkungan pasar tradisional.

Baca Juga: Ridwan Kamil Pastikan PSBB Jabar Dilanjutkan di Daerah Zona Merah, Salat Id di Rumah

Tahap pertama tes Covid-19 oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) dan Dinkes ini dilakukan di Pasar Baleendah.

Kepala Disperindag Kab. Bandung, Popi Hopipah mengatakan, ada 60 orang menjalani rapid test dan 40 orang menjalani swab. Pasar Baleendah merupakan tahap awal. Ia berharap setelah hari raya Idul Fitri rapid tes bisa dilanjutkan ke pasar-pasar lainnya.

Baca Juga: Hati-hati Belanja Persiapan Lebaran! Epidemiolog Unpad Ingatkan Bahaya Penyebaran COVID-19

“Tes covid-19 di kawasan pasar sangat penting mengingat banyak orang berkerumun dan berinteraksi. Dikhawatirkan ada OTG (Orang Tanpa Gejala) yang bisa menularkan Covid-19. Bisa jadi pedagangnya atau pengunjung,” ujar Popi di Baleendah, Senin (18/5/2020).

Popi berharap, tes bisa dijadikan acuannya tindakan lebih lanjut. Sejauh ini ia menilai, Pasar Baleendah sudah menerapkan protokol kesehatan dengan cukup baik.

“Mudah-mudahan dari hasil tesnya tidak menunjukkan ada yang positif. Sehingga kami tidak perlu mempertimbangkan penutupan pasar atau tindak lanjut lain yang lebih ekstrim,” imbuhnya.

(fik)