Pemerintah Gembar-gembor Larangan, TikTok Kampanyekan #MudikOnline

oleh -

Pemerintah Gembar-gembor Larangan, TikTok Kampanyekan #MudikOnline

RADARBANDUNG.id, BANDUNG- Bekerjasama dengan TikTok, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 mengampanyekan larangan mudik Idul Fitri guna mengurangi penyebaran Covid-19.

Kampanye #MudikOnline ini dimulai sejak 15 Mei dan akan terus dikampanyekan hingga masa mudik Lebaran selesai.

Kampanye #MudikOnline di TikTok ini meliputi beragam kegiatan dalam menyambut hari raya Idul Fitri dan merasakan suasana mudik secara online.

“Di tengah pandemi Covid-19 kami melihat TikTok tidak hanya memberi inspirasi, tetapi juga menjadi ajang bagi keluarga berkumpul dan berkreasi bersama. Kita melihat banyak pengguna mengajak kakek dan nenek atau orang tua mereka untuk berkolaborasi dalam video kreatif,” ujar Kepala Kebijakan Publik TikTok Indonesia, Malaysia, dan Filipina, Donny Eryastha.

Berdasarkan data ‘Digital 2020: Indonesia’ dari Hootsuite, ada 171 juta pengguna mobile internet dan jumlahnya cenderung meningkat selama pandemi Covid-19. Melihat tren itu, sejumlah kepala daerah juga ikut mengkampanyekan program #MudikOnline.

Salah satunya, Gubernur Jabar Ridwan Kamil yang ikut mengkampanyekan #MudikOnline bersama kepala daerah lainnya.

“Jika ada dua pilihan antara membawa kebaikan dengan silaturahmi dan mencegah kematian dengan tidak mudik, maka pilihlah yang kedua dan tidak memberikan penularan. Selamat mudik digital, selamat mudik melalui teknologi,” kata Ridwan Kamil melalui videonya di akun TikTok milik Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, @lawancovid19_id.

Donny menjelaskan, untuk mengikuti kampanye #MudikOnline, pengguna bisa membuat video berdurasi 15-60 detik, memanfaatkan fitur duet untuk berkolaborasi dengan keluarga yang tinggal berjauhan dalam membuat video.

“Fitur ini bisa menunjukkan bagaimana anda dan keluarga akan menghabiskan waktu #MudikOnline. Tambahkan juga musik #MudikOnline untuk menambah suasana khas hari Idul Fitri,” tambahnya.

Sebelumnya, TikTok juga menghadirkan kampanye #SamaSamadiRumah dengan 7,8 miliar views untuk mengajak masyarakat melakukan berbagai kegiatan produktif di rumah.

“Kami berharap #MudikOnline dapat membantu mendekatkan orang-orang tercinta yang jauh dan dapat memberikan kita semangat dalam menghadapi pandemi ini,” tandasnya.

(fid/radarbandung.id)