Dear Perusahaan, Tolong Cepat Bayarkan THR Karyawan

oleh -
Ilustrasi (ist)

Dear Perusahaan, Tolong Cepat Bayarkan THR Karyawan

RADARBANDUNG.id, SOREANG- SPSI Kab. Bandung akan memberikan pendampingan dan memastikan para buruh memperoleh Tunjangan Hari Raya (THR).

Baca Juga: Perusahaan Wajib Bayar THR Pegawai, Bisa Dicicil atau Ditunda

Saat ini, masih ada perusahaan yang masih belum membayarkan kewajibannya membayarkan THR.

Ketua Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Kab. Bandung, Uben Yunara mengakui, ada perusahaan yang lancar membayarkan THR, namun sebagiannya macet. Sementara yang lainnya, banyak juga perusahaan yang masih berunding dengan karyawannya.

Baca Juga: Pekerja Kontrak juga Berhak Terima THR

Permasalahan pembayaran THR diselesaikan dengan cara berunding. Kemudian metode pembayarannya, ada perusahaan yang membayar THR secara full atau mencicil.

“Kita selalu melihat kondisi perusahaannya. Memang ada perusahaan yang mencicil pembayaran THR untuk karyawannya, tetapi jumlahnya tidak terlalu banyak,” ujar Uben saat dihubungi via telepon, Senin (18/5/2020).

Pihaknya akan terus memantau perkembangan di lapangan, jika menemukan adanya perusahaan yang tidak membayarkan THR, pihaknya akan meminta bantuan dari Pemkab Bandung, melalui Disnaker atau langsung berkoordinasi dengan bupati.

Baca Juga: May Day, Buruh di Bandung ‘Demo’ Virtual Tolak Omnibus Law, PHK dan Minta THR Full

“Kami berharap permasalahan THR diselesaikan, mengingat hari raya Idul Fitri tinggal beberapa hari lagi,” ucapnya.

Selain itu, ada perusahaan di Kab. Bandung yang mengaku tidak sanggup membayar THR, tetapi setelah dicek ternyata punya kemampuan.

Untuk mengatasi perusahaan seperti itu, pihaknya akan menyelesaikan secara internal dan berunding, namun jika tidak juga ada penyelesaian, akan diselesaikan secara hukum.

“Kami akan mengutamakan metode berunding, tetapi kami juga akan memastikan THR bisa dibayarkan kepada buruh,” tuturnya.

(fik/radarbandung.id)