Terserah Indonesia Saja

oleh -

Terserah Indonesia Saja

RADARBANDUNG.id- Pandemi Virus Corona telah menyebabkan kelumpuhan banyak negara di berbagai belahan dunia.

Di antara ratusan negara yang terdampak dan terjangkit Virus Corona, Indonesia merupakan salah satu negara yang sangat merasakan kelumpuhan akibat pandemi ini.

Baca Juga: Salat Idul Fitri Berjamaah di Masjid atau Lapang Terbuka Sangat Berisiko

Selain karena Indonesia yang masih berstatus sebagai negara berkembang, pemerintah dan rakyatnya dinilai tak memiliki kekompakan untuk mencari jalan keluar dalam permasalahan ini.

Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang tadinya merupakan kebijakan yang diharapkan menjadi penawar dan telah dilaksanakan di beberapa daerah, kini justru menimbulkan dilema dan menjadi boomerang bagi pemerintah sendiri. Pasalnya jikalau PSBB ini terus di jalankan, akan menimbulkan masalah baru pada sektor ekonomi.

Baca Juga: MUI Keluarkan Fatwa Salat Idul Fitri, Warga Diimbau Kumandangkan Takbir

Najwa Shibab, dalam acara tv Mata Najwa juga turut menyinggung pernyataan Presiden Jokowi, mengenai hati-hati relaksasi PSBB.

Dalam hal ini Najwa Shibab mencoba menyoroti program Pemerintah tentang pelonggaran PSBB. Hal ini menjadi ramai diperbincangkan, karena akan berimbas kepada kegiatan masyarakat yang menjadi longgar di tengah pandemi yang sedang naik kembali.

“Pilihan yang pelik sudah terhidang di pelupuk mata, kegamangan tampak dari ucapan pejabat negara. Dilema kesehatan atau ekonomi tak terhindarkan, bisakah kita mengatasi keduanya bersamaan?”  tulis Instagram Mata Najwa

Baca Juga: Jabar Tak Ada Zona Hijau Corona, Ridwan Kamil Minta Warga Berlebaran di Rumah

Padahal sebelumnya pemerintah telah membatasi aktivitas masyarakat dengan program PSBB, dengan harapan mampu menekan angka kenaikan kasus terkonfirmasi covid-19.

Jokowi menyadari bahwa keputusan tersebut tentunya mempunyai resiko tinggi, dan harus benar-benar memperhatikan data yang ada di lapangan.

Baca Juga: Ridwan Kamil Pastikan PSBB Jabar Dilanjutkan di Daerah Zona Merah, Salat Id di Rumah

Hal ini membuat tenaga medis merasa kesal dan geram dengan sikap rakyat yang tak menganggap serius pandemi global ini serta pemerintah yang dinilai kurang tegas dan selalu berubah-ubah dalam membuat kebijakan.

Sampai pada akhirnya memunculkan tagar #IndonesiaTerserah, yang menjadi trending perbincangan di salah satu media sosial. Hal tersebut adalah bentuk keluh kesah para tenaga medis terhadap Indonesia.