Tenang, Stok Bahan Pokok Jelang Lebaran di Jabar Aman

oleh -
Pekerja mengangkut dan merapihkan beras di Gudang Bulog Baru Cisaranten Kidul Sub Dirve Bandung, Gedebage, Kota Bandung. Foto: TAOFIK ACHMAD HIDAYAT/RADAR BANDUNG

Tenang, Stok Bahan Pokok Jelang Lebaran di Jabar Aman

RADARBANDUNG.id, BANDUNG- Pemprov Jabar memastikan stok beras aman hingga 6 bulan ke depan. Di sisi lain, harga komoditas makanan pokok di Jabar diklaim relatif stabil, meski ada beberapa yang mengalami kenaikan.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Arifin Soedjayana menyatakan, stok beras tersedia di tujuh cabang Bulog dengan total 223.861 ton.

Kemudian, stok gula berada di angka 4.821 ton. Jumlah itu cukup untuk dua bulan. Ketersediaan minyak goreng yang berada di angka 735 ton.

Ketersediaan telur dalam kondisi melimpah sehingga dijadikan sebagai salah satu bantuan yang diberikan Pemprov Jabar. Adapun stok telur yang tersedia berjumlah 212 ton di Bulog.

Stok terigu yang kerap digunakan masyarakat berada di angka 14 ton. Bulog akan berkoordinasi dengan wilayah lain di Indonesia untuk menangani stok yang sedikit.

“Tepung terigu hanya 14 ton tapi kami konfirmasi ke Bulog barusan mereka sedang mencoba melakukan konsolidasi dengan Bulog di wilayah provinsi yang lainnya karena memang kondisi terigu hanya sedikit,” ujarnya.

Di sisi lain, pihaknya terus melakukan pemantauan di 10 pasar tradisional di Kota Bandung untuk melihat dinamika bahan pokok. Hasil pantauan, harga relatif stabil dan ketersediaan barang aman.

Dinamika yang terjadi ada pada harga daging ayam broiler. Sempat turun harga, komoditas ini mulai merangkak naik mendekati harga normal di sekitar Rp33.000.

Komoditas lain yang mengalami kenaikan harga adalah bawang merah karena tingginya konsumsi ibu-ibu rumah tangga menjelang lebaran.

Meski ada kenaikan harga, namun sejumlah bahan pokok lainnya, menurutnya mengalami penurunan harga karena itu kenaikan harga komoditas dianggapnya tak terlalu signifikan bagi kondisi harga bahan pokok di Jabar secara keseluruhan.

“Jadi, secara umum kondisi untuk ketersediaan barang pokok menjelang hari raya Idul Fitri kemudian juga harga-harga juga cukup stabil,” ujarnya.

(muh)