Ini Penjelasan PVMBG Soal Suara Dentuman Misterius di Bandung

oleh -
Mudik Lebaran
Ilustrasi Suasana Kota Bandung. Foto: Taofik Achmad Hidayat/Radar Bandung

Ini Penjelasan PVMBG Soal Suara Dentuman Misterius di Bandung

RADARBANDUNG.id- Suara dentuman misterius yang terdengar di wilayah Bandung Raya membuat heboh.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) memastikan suara dentuman itu bukan karena adanya aktivitas vulkanik.

Kepala Bidang Gunung Api PVMBG, Hendra Gunawan mengatakan sejauh ini tidak ada laporan tanda-tanda erupsi dari sejumlah pos-pos gunung api di wilayah Bandung.

“Di sekitar Kota Bandung tidak ada laporan erupsi, jadi sumber dentuman bukan berasal dari erupsi gunung api,” kata Hendra saat dihubungi di Bandung, Kamis (21/5/2020).

Menurutnya, aktivitas vulkanik biasanya berkaitan dengan erupsi. Sehingga, tidak ada aktivitas vulkanik lainnya yang diduga bisa menyebabkan suara dentuman misterius itu.

“Kalau dari aktivitas vulkanik biasanya berkaitan dengan erupsi, hanya gunung gunung di sekitar Bandung tidak ada yang erupsi,” katanya.

Sebelumnya, warga seputaran Bandung digegerkan suara dentuman misterius, Kamis pagi (21/5/2020).

Suara misterius ini ramai diperbincangkan warganet. Salah satunya di media sosial twitter. Banyak yang menyebut, mereka mendengar suara dentuman itu mulai sekitar pukul 08.00 Wib.

Salah satunya yang diunggah akun di tulis alun syifaanadita. “Ada yg denger suara dentuman ga sih di bandung? Sekitar jam 8-9 an. Aku ini denger ada 5-6 kali dentuman, keras banget, kirain proyek pembangunan komplek belakang rumah, taunya lagi ga ada yg kerja,” ucapnya.

“Astaghfirullah yang di Bandung kalian denger dentuman gak?,” tanya pemilik akun Ica yang tinggal di kawasan Bandung Selatan dan menyebut mendengar suara dentuman itu sebanyak 2 kali sejak pukul 8.00 Wib.

Warga pun dibuat bertanya-tanya soal sumber suara tersebut. Mereka yang mendengar seperti di daerah Kota Bandung, seperti daerah Buah Batu, Astana Anyar, Kopo, hingga Soreang, Kab. Bandung dan Cimahi.

(antara/ysf/radarbandung.id)