Besok Lebaran, Ini 5 Amalan Sunah yang Disarankan MUI

oleh -
MEMOHON AMPUNAN: Dengan bermasker, jamaah menengadahkan kedua tangan. Mereka berdoa agar pandemi Covid-19 segera rampung. Tahun ini masjid tidak menggelar salat Idul Fitri. (Dipta Wahyu/Jawa Pos)

Besok Lebaran, Ini 5 Amalan Sunah yang Disarankan MUI

RADARBANDUNG.id- Umat Islam akan merayakan hari raya Idulfitri 1441 Hijriah, Minggu, 24 Mei.

Menurut Waketum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Zainut Tauhid Sa’adi, ada amalan-amalan sunah yang bisa dilaksanakan sebelum melaksanakan salat Idulfitri.

Baca Juga: #JokowiSilahkanMundur Masuk Trending Topic Twitter, Ada Apa?

“Amaliah-amaliah ini sifatnya sunah tetapi kalau dikerjakan akan dapat pahala,” kata Zainut yang dihubungi, Sabtu (23/5).

Berikut amaliah sunah Idulfitri :

1.Mandi dan memotong kuku

2.Memakai pakaian terbaik dan wangi-wangian

3.Makan sebelum melaksanakan salat Idulfitri

4.Mengumandangkan takbir hingga menjelang salat.

5.Saling mengucapkan selamat (tahniah al-id) antara lain dengan mengucapkan Taqabbalallahu minna wa minkum.

Baca Juga: Idul Fitri 1441 Hijriah Jatuh pada Minggu 24 Mei 2020

Dia melanjutkan, meski melaksanakan salat Idulfitri di rumah, umat Islam tetap harus menyambut hari kemenangan ini dengan sukacita. Setiap muslim dalam kondisi apapun disunahkan untuk menghidupkan malam Idulfitri dengan takbir, tahmid, tahlil menyeru keagungan Allah SWT.

Waktu pelaksanaan takbir mulai dari tenggelamnya matahari di akhir ramadan hingga jelang dilaksanakannya salat Idulfitri.

Baca Juga: Berikut Tata Cara Salat Idul Fitri di Rumah Saat Pandemi COVID-19

Disunahkan membaca takbir di rumah, masjid, pasar, kendaraan, di jalan, rumah sakit, kantor, dan tempat-tempat umum sebagai syiar keagamaan.

Pelaksanaan takbir bisa dilaksanakan sendiri atau bersama-sama, dengan cara jahr (suara keras) atau sirr (pelan),” ucapnya.

Dia melanjutkan, dalam situasi pandemi yang belum terkendali, takbir bisa dilaksanakan di rumah, di masjid oleh pengurus takmir, di jalan oleh petugas atau jamaah secara terbatas, dan juga melalui media televisi, radio, media sosial, dan media digital lainnya.

Umat Islam, pemerintah, dan masyarakat perlu menggemakan takbir, tahmid, dan tahlil saat malam Idulfitri sebagai tanda syukur sekaligus doa agar wabah Covid-19 segera diangkat oleh Allah SWT,” pungkasnya.

(esy/jpnn)