Suasana Salat Idul Fitri di Masjidil Haram

oleh -
Suasana Masjidilharam di Makkah saat menggelar salat Id di tengah pandemi Covid-19 (AFP)

Suasana Salat Idul Fitri di Masjidil Haram

RADARBANDUNG.id- Momen Idul Fitri 1441 Hijriah berbeda dengan biasanya. Tak hanya di Indonesia, seluruh dunia termasuk Arab Saudi merasakan hal yang sama. Momen Idul Fitri yang benar-benar terasa berbeda akibat pandemi Covid-19.

Wabah tersebut telah memaksa semua orang di seluruh dunia untuk menjaga jarak sosial. Masyarakat diminta untuk tidak berkumpul dalam jumlah besar seperti menggelar salat Id berjamaah.

Di Arab Saudi, perbedaan momen Lebaran Idul Fitri tahun ini begitu kentara. Sudah sejak awal Ramadan, masjid besar di sana sepi. Kegiatan salat berjamaah dan kegiatan Ramadan sampai Lebaran lainnya praktis ditiadakan.

Salat Id di Masjidil Haram, Makkah, tidak dibuka untuk umum. Dilansir dari GulfNews, Minggu (24/5), menunjukkan pemandangan dari udara kota suci Arab Saudi di Makkah. Menara Jam Kerajaan Abraj al-Bait Makkah menghadap ke sungai dan Masjid Agung, Ka’bah di tengah.

Para jamaah dalam jumlah minim dan khusus berkumpul di depan Ka’bah di Masjidil Haram untuk menghadiri salat Idul Fitri. Jamaah memberlakukan protokol kesehatan.

Imam berdiri di mimbar, sementara anggota pasukan keamanan Saudi berdiri di antara deretan jamaah khusus yang berkumpul di depan Ka’bah di Masjidilharam. Jamaah lain menawarkan kudapan manis kepada penjaga keamanan sebagai sunnah sebelum melaksanakan salat Id.

(jpc)