Masuki New Normal, Pemprov Jabar Kaji Protokol Pencegahan Covid-19 di Mal, Ini Bocorannya

oleh -
Ilustrasi (jawapos)

Masuki New Normal, Pemprov Jabar Kaji Protokol Pencegahan Covid-19 di Mal, Ini Bocorannya

RADARBANDUNG.id, BANDUNG- New normal (kondisi normal baru) menghadapi Covid-19 dipastikan akan dimulai di Jabarpada 1 Juni 2020.

Baca Juga: New Normal di Jabar Berlaku 1 Juni, Mal dan Semua Pusat Perekonomian Bisa Kembali Beroperasi

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Jabar Berli Hamdani meminta kepada pihak manajemen mal untuk dapat memberikan informasi kepada pengunjung terkait kapasitas mal.

Berli menilai mal menjadi satu dari lokasi yang berpotensi terjadi penularan COVID-19 dalam penerapan new normal atau kenormalan baru, karenanya langkah antisipasi mesti disiapkan.

Baca Juga: Tak Seluruh Daerah di Jabar Serentak New Normal 1 Juni

Berli meminta manajemen mal memberikan informasi ke pengunjung terkait kapasitas mal. Adapun terkait protokol new normal di Jabar masih dalam tahap penyusunan.

“Mal salah satu yang dianggap berpotensi besar terjadinya penularan COVID-19, maka mal harus menyampaikan informasi terkait kapasitas pengunjung yang diperkenankan masuk,” ungkap Berli dalam keterangannya.

Baca Juga: Seluruh Mal di Bandung Berpeluang Dibuka Lagi 30 Mei, Asal Syarat Ini Dapat Dipenuhi

Berli mencontohkan, jika kapasitas mal 5.000, maka pengunjung mal 5.001 dan seterusnya harus menunggu giliran masuk.

Selain itu, manajemen mal juga wajib menyediakan hand sanitizer dan masker. Memperhatikan antrean di kasir hingga pengukuran suhu tubuh harus dilakukan sejak dari pintu masuk.

Baca Juga: Ancang-ancang New Normal, Disparbud Kab. Bandung Siapkan 3 Fase Ini untuk Buka Objek Wisata

Berli memastikan pemerintah akan menyiapkan protokol khusus di mal.

Selain mall, Berli mengatakan, protokol new normal juga akan diatur pada unit layanan kesehatan seperti membatasi pengunjung maupun pegawai yang masuk.

Protokol new normal di mal maupun layanan kesehatan akan disesuaikan dengan level kewaspadaan tingkat kelurahan maupun desa.

“Demikian juga pelayanan kesehatan, jadi kalau di Puskesmas atau di rumah sakit, pengunjung melebih kapasitas itu juga akan diatur,” tukasnya.

Terpisah, Sekjen Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Jabar, Satriawan Natsir mengutarakan, operasional mal dan pusat perbelanjaan akan kembali dibuka Sabtu (30/5).