Besok, Masjid Pusdai Akan Gelar Salat Jumat

oleh -
Jamaah saat melaksanakan salat berjamaah di Masjid Pusdai, Selasa (2/6).

Besok, Masjid Pusdai Akan Gelar Salat Jumat

RADARBANDUNG.id, BANDUNG- Belum semua masjid besar di Kota Bandung menjalankan ibadah Salat Jumat. Namun, ada juga yang akan mulai menggelar Salat Jumat, besok.

Baca Juga: Seluruh Rumah Ibadah di Kota Bandung Diminta Sediakan Thermo Gun

Berdasarkan konfirmasi yang diterima radarbandung.id, Masjid Pusdai Jawa Barat salah satu masjid di Kota Bandung yang akan menggelar Salat Jumat (5/6/2020) besok.

Ketua DKM Pusdai Jawa Barat, KH. Haerul Anam mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan aparat kewilayahan sebelum memutuskan kembali membuka masjid untuk umum.

“Kami sudah koordinasi dengan camat dan Kapolsek, kemudian ada surat edaran dari MUI Kota Bandung, jadi itu dasarnya,” ungkap Haerul Anam, Kamis (4/6/2020).

Sebagaimana diketahui, Masjid Pusdai sudah menggelar salat 5 waktu berjamaah sejak akhir Mei. (Baca Juga: Masjid Pusdai Dibuka Kembali untuk Salat Fardhu dan Jumat)

Menurut Haerul, masjid Pusdai telah menerapkan standar protokol kesehatan secara ketat dengan menyiapkan tempat cuci tangan dan hand sinitizer di tempat wudu dan pintu masuk masjid.

“Mau masuk masjid ada hand sanitizer dan dicek suhu, jarak juga sudah dikasih tanda satu meter,” katanya.

Baca Juga: Fatwa MUI: Salat Jumat 2 Gelombang Hukumnya Tidak Sah

Haerul mengutarakan, Masjid Pusdai dapat menampung hingga 4 ribu jamaah. Namun, pada Jumat nanti, hanya 30 persen saja yang akan digunakan sesuai anjuran Pemkot Bandung.

“Kalau dilihat dari yang berjamaah lima waktu kemarin, kayaknya sih belum begitu banyak besok itu, karena biasanya kita berjamaah itu delapan shaf, itu tanpa jarak, sekarang pakai jarak sampai hari ini hanya dua shaf,” jelasnya.

Baca Juga: Ridwan Kamil: 15 Kab/Kota di Jabar New Normal, 12 PSBB, Ini Daftar Lengkapnya

Sebagai antisipasi, jika ternyata jamaah membeludak, pihaknya akan menggunakan halaman dan selasar masjid untuk menampung jamaah.

Sebelumnya diberitakan, Masjid Raya Bandung, Jawa Barat belum menggelar Salat Jumat besok. Kemungkinan Salat Jumat di Masjid Raya Bandung akan digelar Jumat pekan depan jika pendemi Covid-19 terus mereda. (Baca Juga: Besok, Masjid Raya Bandung Belum Gelar Salat Jumat)

Hanya saja, Sabtu (6/6) pengurus masjid akan memulai untuk menggelar salat dzuhur berjamaah, dengan menerapkan standar protokol kesehatan yang ketat.

(mur)